Youtuber Denmark Promosikan Wisata Bengkulu

Kristian Hansen

Yotuber asal Denmark, Kristian Boskop Hansen saat groufie di Benteng Marlbrough Bengkulu, Foto: Dok/Kristian Bsokop Hansen

Interkatif News – Kristian Boskop Hansen, Youtuber asal Denmark kunjungi Bengkulu. Pria bule yang fasih berbahasa Indonesia ini berkomitmen untuk melakukan Tour keliling Indonesia dengan speeda motor. Tertulis di instagramnya, Kristian tiba di Bengkulu sekira tiga pekan lalu pada Rabu, 23 Maret 2022. 

“Bengkulu yang luar biasa Saya memiliki pengalaman menginap yang menyenangkan di kota ini, yang memiliki begitu banyak budaya dan sejarah untuk ditawarkan” tulis Kristian.

Keliling Bengkulu, Kristian didampingi Tim Bengkulu Tourism yang mengajaknya menjelajahi berbagai tempat wisata. Beberapa tempat wisata yang dikunjungi Kristian diantaranya rumah pengasingan Presiden Sukarno dan rumah ibu negara pertama, Fatmawati. Kristian mengagumi sosok Bung Karno sebagai Founding Father Indonesia. Ia juga memuji Ibu Fatmawati yang menjahit Sang Saka Merah Putih.

Di rumah Bung Karno, YouTuber yang memilih resign dari pekerjaan demi keliling Indonesia itu sempat mencoba air Sumur Bung Karno. Konon sumur itu memiliki mitos bagi siapa saja yang mengusap muka dengan air Sumur Bung Karno akan menjadi pemimpin besar dan awet muda. Kristian juga mencoba Air Jeruk Kalamansi yang dijual pedagang di rumah Bung Karno. 

Dalam video Yotube yang di-upload pada 27 Maret 2022, Kristian juga mampir di Fort Malbrough, Air Curuk Cay Bengkulu Tengah. Kristian meng-ekplore sejarah Benteng Marlborough yang didirikan Inggris hingga akhirnya dikuasai Jepang dan kembali ke tangan Indonesia. Posisi Benteng Marlobrough yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia tak luput dari pujian Kristian. “Luar biasa kerena sekali” ucap dia.

Di Curug Cay Bengkulu Tengah, Kristian menyempatkan diri mandi di air terjun. Ia sempat menyapa beberapa emak-emak yang berdagang di sekitar jalan Masuk Curug Cay. Berkali-kali pula pria yang seluruh perlengkapannya tertempel emblem bendera merah putih itu merekomendasikan traveler untuk mengunjungi Bengkulu. 

Tour Guide yang mendapingi kemudian mengajak Kristian mencoba kuliner khas Bengkulu. Mereka nampak mendatangi salah satu tempat makan yang menyediakan makanan khas Bengkulu. Kristian disuguhi Gulai Kepala Ikan, Pendap, Bagar Hiu hingga rebusan daun ubi kayu. Ia memuji makanan khas Bengkulu yang mayoritas terbuat dari ikan dan berasa pedas. 

Saat mencoba pendap, Kristian menyebut bentuknya yang aneh karena lebih mirip kue. Ia lantas mecoba sepotong pedap dan mukanya nampak langsung berekspresi tak biasa. Ia tidak menyangka rasa Pendap asin dan pedas serta penuh dengan aroma rempah-rempah. Namun, ia mengaku suka “Come to Bengkulu and try Pendap” kata Kristian.   

Pria bule ini menyebut kebanyakan makanan khas Bengkulu terbuat dari ikan laut dengan rasanya yang enak. “Saya juga berkesempatan untuk mencoba makanan khas Bengkulu yang kebanyakan terbuat dari ikan, dan ternyata saya suka dengan rasanya” kata Kristian.

Pada deskripsi video, Kristian turut mengucapkan terima kasih khusus kepada tim pariwisata Bengkulu karena telah mengajaknya berkeliling. Ia juga sempat mereview Hotel santika Bengkulu dan pusat kebugaran Arifin Gym. “Sampai jumpa lagi di Bengkulu” tulis Kristian.

Editor: Riki Susanto