Wisata ke Desa Belitar Seberang, Ada Camping Ground Hingga Makanan Ekstrem

Canyoning Desa Blitar Seberang

Wisata Canyoning di Desa Blitar Seberang, Rejang Lebong, Bengkulu, Foto: Dok/Instagram @fajarlah440

Interaktif New - Desa Belitar Seberang, Rejang Lebong baru saja dinobatkan sebagai 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Pada ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI itu, Desa Belitar Seberang berhasil masuk nominasi bersama satu desa lainnya dari Bengkulu, Desa Batu Ampar, Kepahiang. 

Desa Belitar Seberang dapat dijangkau via Jalan Lintas Curup-Linggau yang hanya butuh 2,5 jam perjalanan darat dari Kota bengkulu. Secara administratif desa ini terdiri dari 3 (tiga) dusun (Sawentar, Simping dan Penataran) dengan Jumlah Penduduk mencapai 1010 jiwa dengan luas wilayah 625 Ha. Mata pencaharian penduduk setempat mayoritas mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dari lahan sendiri. 

Sejarah Desa Belitar Seberang berawal pada tahun 1930 ketika terjadi transmigrasi dari Kabupaten Blitar Jawa Timur ke Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Bengkulu. Penaman Desa Belitar Seberang memiliki arti Daerah Blitar yang berada di Pulau Jawa atau seberang Pulau Sumatra. Bahkan dalam Sejarah desa disebutkan presiden pertama Indonesia Soekarno pernah berkunjung ke desa ini. Saat pengasingan di Bengkulu tahun 1938.

Namun dibalik sejarahnya yang hebat, desa ini kaya akan wisata hingga mampu menjadi nominator 100 desa wisata di Indonesia. Berikut beberapa wisata alam dan budaya yang terdapat di Desa Belitar Seberang yang dirangkum Bengkuluinteraktif.com dari berbagai sumber: 

Air Terjun Tri Sakti

Air Terjun Air Terjun Tri Sakti, Foto: Dok/Air Terjun Tri Sakti Official

Lokasi air terjun Tri Sakti yang ini sangat lah unik dan jarang di jumpai di tempat lain karena memiliki suhu air dingin dan air panas yang langsung keluar dari mata air. Untuk menikmati air terjun ini, pengunjung tidak perlu membayar mahal, cukup dengan Rp 30 ribu sudah dapat menikmati keindahan dan mandi di air terjun Tri Sakti.

Canyoning dengan Ketinggian 80 Meter

canyoningCanyoning Desa Blitar Seberang, Foto: Dok/@fajarlah440

Apa sih Canyoning Itu? Canyoning merupakan wisata ekstrim dan meningkatkan adrenalin yang memadukan variasi teknik scrambling, rappelling, abseling, river hiking, cliff jumping dan swimming dalam aktifitas penelusuran sungai, air terjun dan goa. Apabila kamu berkunjung ke desa Belitar Seberang maka dapat menikmati wisata ekstrem ini. Canyoning di desa ini mencapai ketinggian lebih kurang 80 M. 

Forrest Gump Glamor Camp

camping ground 

Forrest Gump merupakan camping ground yang disediakan oleh pengelola Desa Wisata Belitar Seberang di area Air Terjun Tri Sakti, disini kalian bisa menikmati indahnya serpihan surga tersembunyi yang jatuh di Desa Belitar Seberang yang masih sangat alami.  Cocok untuk liburan di akhir tahun. Adapun fasilitas yang disedikan pengelolah adalah Tenda Doom kapasitas 4-6 orang, Matras, Sleeping Bag, Free menikmati Pemandian Air Panas, dan Free menikmati Air Terjun Tri Sakti.

Wisata Edukasi Rumah Nira & Kopi Gula Nira

air nira

Disini pengujung dapat belajar cara gimana mengolah air nira sampai menjadi gula merah langsung dari petaninya. Pengunjung diperbolehkan mempraktekan langsung cara menyadap pohon nira atau ingin mencoba memasak air nira dengan cara tradisioonal. Paket wisata ini juga menyediakan air nira segar dan kopi gula nira. 

Makan Belendu/Ulat Sagu Aren

ulat nira

Belendu merupakan salah satu makanan extrim yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Desa Belitar Seberang. Makanan ini bisa dinikmati  hidup-hidup atau dimasak terlebihdahulu dalam bentuk lauk yang sudah digoreng. Ulat Belandu merupakan ulat yang kaya akan lemak dan protein yang hanya terdapat di pohon aren sering ditemui di pohon aren yang sudah lapuk. 

Kuliner Kambing Guling

Pengelolah desa wisata Blitar Seberang juga menyediakan santapan yang bisa dinikmati bersama saat malam, kambing guling. Jika berkunjung ke desa ini saat camping atau bermalam, pengunjung bisa memesan kambing guling dengan pengelolah. Namun harganya tergolong mahal kisaran Rp 1.5 juta per ekor. 

Wisata Budaya Kuda Lumping/Kuda Kepang

Wisata budaya yang satu ini adalah kreasi asli dari desa Blitar Seberang yang mayoritas bersuku jawa. Bila berkunjung ke desa ini pengunjung akan disuguhi atraksi kuda kepang yang dimainkan oleh masyarakat setempat. Kuda lumping atau kuda kepang atau akrab juga disebut jathilan adalah tarian tradisional sekelompok prajurit tengah menunggang kuda, Tarian ini berasal dari Ponorogo.

Demikian beberapa paket wisata yang bisa ditemui saat berkunjung ke Desa Blitar Seberang. Selain pakate wisata, pengelolah wisata juga menyediakan lahan area parkir, Balai Pertemuan, Jungle Tracking, Kamar Mandi Umum, Kios Souvenir, Kuliner, Musholla, Selfie Area, Spot Foto, dan Tempat makan

Reporter: Irfan Arief