Trending dan Kontroversi Lagu ‘Aisyah Isteri Rasulullah’

Nissa Sabyan

Nissa Sabyan, penyanyi cover lagu 'Aisyah Isteri Rasulullah', Poto:Dok/[email protected]

Interaktif News – Lagu Aisyah Isteri Rasululah menjadi tranding di Youtube bahkan sampai 13 video dengan versi yang berbeda-beda nangkring urutan teratas. Video teratas diantaranya diisi oleh Anisah Rahman, Zakir Daulay, Sabyan bahkan komedian sekaligus mantan vokalis Stinky Andre Taulani ikut meng-cover.

Cover miliknya Zakir Daulay sudah ditonton 33 juta kali, Sabyan telah ditonton 28 juta kali, dan Annisah Rahman telah ditonton 26 juta kali. Bahkan yang baru saja meng-uploda cover seminggu lalu seperti ZeroSix Park sudah ditonton 33 ribu kali. 

Namun dibalik populernya lagu itu terdapat kontroversi di kalangan masyarakat. Banyak yang kemudian bertanya terkait lirik dan asal usul lagu tersebut. Kontroversi pertama mucul pada lirik lagu hasil cover penyanyi-penyanyi Indonesia. Dimana salah satu lirik di lagu itu menggambarkan bentuk fisik Aisyah.  

Dalam lirik lagu yang di-cover Anisah Rahman misalnya, sosok isteri nabi itu disebut pipinya merah. Penggambaran bentuk fisik itu dikhawatirkan justru akan mengarah pada imajinasi yang tidak-tidak tentang Aisyah.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren AL Bahja, Buya Yahya, tak baik jika menggambarkan ciri-ciri fisik secara detail tentang Aisyah. Sebaliknya, penggambaran secara umum masih diperbolehkan.

"Misalnya apa? Tidak mengarah pada sifat-sifat yang spesial. Karena itu adalah ibu kita (umat Islam)," ujar Buya Yahya di YouTube Al-Bahjah TV.

Namun, Buya Yahya tetap berpikir positif bahwa penulis lirik lagu ini tidak berniat untuk merendahkan sosok Aisyah. Menurutnya kesalahan pada manusia hal yang wajar tinggal dilakukan perbaikan. 

"Cuma kalau ternyata ada syair yang perlu dibenahi, ayo kita benahi bersama. Mungkin ada pakar pembuat syair, diubah syairnya," ujar Buya Yahya.

Ia menyarankan agar lirik mengenai ciri fisik Aisyah diganti dengan hal lain. Lirik tersebut bisa diganti dengan kepribadian Aisyah yang cerdas dan penuh kasih sayang.

Musisi yang juga Youtuber Anji turut hadir di lagu Aisyah Isteri Rasullulah yang sedang tranding. Pelantun lagu “Dia” ini bukan meng-cover lagu melainkan menjelaskan asal usul lagu itu.

Untuk menjelaskan asal usul lagu itu, Anji langsung bertanya kepada Syakir Daulay salah seorang peng-cover lagu yang memiliki izin resmi dari pemilik lisensi lagu Aisyah Isteri Rasullulah yaitu Universal Music Publishing Group. 

Menurut Syakir Daulay melalui video Anji status lagu ini aslinya berasal dari musisi Malaysia yang dipopulerkan oleh Projector Band. Syair dan compuser lagu oleh Razif Bin Zainuddin aka Razif/Hasbi Bin Haji Muh. Ali aka Mr.Bie barulah kemudian di-cover oleh musisi-musisi di Indonesia. 

"Gue awalnya iseng aja, terus akhirnya trending dan 'wah ini kalau enggak diurus kan akan berakibatnya mungkin bakal fatal dan segala macam. Akhirnya kita kontak kita beli lisensinya. Dan Alhamdulillahnya gue yang pertama (dari Indonesia) punya hak cipta dari Universal Malaysia itu," kata Syakir dalam video YouTube Anji

Dijelaskan Anji, lagu Aisyah menarik untuk dibahas sebagai sebuah studi kasus tentang hak cipta dan Musisi cover. Ia menyayangkan banyak musisi cover di Indonesia yang tidak mencantumkan musisi asli pada deskripsi lagu. 

“Untuk teman-teman yang meng-cover cobalah untuk lebih memperhatikan masalah penulisan. Jadi ketikan cover-an nya naik. Lagu aslinya juga naik, membawa impact untuk lagu aslinya, membawa impact kepada artis aslinya. Karena selain untuk diri kamu sendiri ketika meng-cover sebuah lagu seharusnya walupun tidak ada aturan tertulis musisi aslinya juga mendapatkan impact-nya” kata Anji

Reporter: Riki Susanto
Editor: Iman SP Noya