Tinjau Kondisi Banjir, Bupati Sapuan Minta Warga Tetap Waspada

Desa Rawa Mulya Mukomuko

Bupati Mukomuko Sapuan saat bertemu warga Desa Rawa Mulya. Minggu, 19 September 2021. Foto/Dok: Sutrimo

Interaktif News - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kurang lebih 7 jam di Desa Rawa Mulya, kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko pada Sabtu (18/09) mengakibatkan terjadinya banjir di wilayah tersebut. 

Sebanyak 133 rumah yang dihuni 437 jiwa terendam banjir. Tak hanya rumah, banjir akibat luapan sungai pelokan di desa tersebut juga merendam puluhan kolam ikan milik warga.

Minggu (19/09), Bupati Mukomuko Sapuan bersama Kapolres Mukomuko, Kodim 0428, Badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) Mukomuko mengunjungi Desa Rawa Mulya untuk meninjau kondisi banjir dan sekaligus memberikan bantuan kepada warga di desa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mukomuko Sapuan menghimbau agar masyarakat tetap waspada. " Karena cuaca ekstrim, masyarakat diminta untuk tetap waspada bisa jadi hujan akan datang lagi, bagi yang mempunyai anak kecil tolong dijaga," ujar Bupati.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa Rawa Mulya Paryono menyampaikan kepada Bupati Mukomuko Sapuan bahwa terjadinya banjir ini bukan hanya hujan lebat semalam, tetapi juga dari luapan sungai pelokan, drainase yang kecil sehingga pintu klep arah ke sungai tidak mampu untuk menampung debit air yang datang dari atas. 

" Dikarenakan pembuangan air yang seharusnya sepuluh kubik air perdetik keluar. ini hanya 5 kubik air yang keluar, kami berharap kepada dinas terkait agar membesarkan saluran pembuangan dan di buatkan box culvert, maka akan mengurangi datangnya banjir apabila di musim penghujan," kata Paryono.

Dirinya berharap agar pemerintah daerah maupun provinsi dapat segera mengatasi hal ini. sebab, jika tidak cepat diatasi di musim penghujan banjir akan datang lagi.

Reporter: Sutrimo
Editor: Alfridho AP