Tersandung Korupsi BTT, Warga Desak Kades Kemang Manis Diberhentikan

Desa Kemang Manis Seluma

Warga Desa Kemang Manis saat audiensi dengan Pemda Seluma, Senin, 29 Januari 2024, Foto: Dok

Interaktif News - Puluhan warga Desa Kemang Manis, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma meminta Bupati Erwin Octavian memberhentikan kepala desa atas nama Alma Jumianto yang kini statusnya menjadi tersangka kasus korupsi dana BTT.

Salah seorang perwakilan warga Desa Kemang Manis, Arifton mengatakan, pihaknya mendatangi kantor Dinas Bupati Seluma ingin menyampaikan keluh kesah warga terhadap terbengkalainya aktifitas pemerintahan desa karena kades sedang ditahan.

"Akibat kades terpilih kini tersandung hukum dan tidak bisa menjalankan sistem pemerintahan desa maka sudah 8 bulan lebih BLT DD serta gaji perangkat desa tak tersalurkan," kata Arifton, Senin, (29/01/2024).

Lebih lanjut Arifton mengatakan, warga Kemang Manis sepakat agar Pemkab Seluma bisa menyelesaikan polemik ini paling lambat dibawah tanggal 14 Febuari 2024. Ia meminta Pemkab maupun DPMD Seluma segera melantik Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Desa menjabat sebagai Kades.

"Kami pinta pengangkatan PLT Kepala Desa, tuntutan kami agar dilakukan pemberhentian sementara kades dan angkat PLT Kepala desa yang baru dengan sesuai aturan dan undang- undang yang berlaku, untuk kades sendiri kami ajukan sekdes untuk diangkat menjadi PLT kades yang bernama Adi Suparto" tegas Arifton.

Menurut Arifton, berita acara saat rapat sudah ditegaskan jika permasalahan ini harus diselesaikan dengan tenggat waktu ditentukan. Semua pihak terkait, yakni Asisten III, DPMD, Inspektorat, Kabag Hukum serta Camat semuanya menyepakati.

"Kalau tuntutan kami tidak selesai dibawah tanggal 14 Februari berarti Pemda berbohong, pastinya warga akan melakukan aksi lebih besar lagi. Kasian masyarakat dan perangkat desa terbengkalai karena haknya tidak terpenuhi karena pemerintah desa tidak berjalan," ujar Arifton.

Sementara Kadis DPMD Nopetri Elmanto mengatakan, semua keluhan dari masyarakat Kemang Manis sudah diterima pihaknya yang selanjutnya akan ditindaklanjuti. Saat ini baru dilakukan proses administrasi terkait permintaan Masyarakat Kemang Manis untuk memberhentikan kadesnya.

"Sudah kita terima keluh kesah dari sejumlah warga Kemang Manis yang ingin kadesnya diberhentikan sementara dan minta diangkat Sekdesnya jadi Pelaksana Tugas. Kami bakal minta petunjuk Bupati dulu, bagaimana proses itu," kata Nopetri ELmanto.

Reporter: Deni Aliansyah Putra