Tari Gandai Turut Meriahkan Pagelaran Seni di Taman Budaya Bengkulu

Tari Gandai Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

Atraksi Penampilan Tari Gandai Khas Kabupaten Mukomuko. Foto/Dok

Interaktif News - Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengikuti gelar seni budaya Bengkulu Tahun 2020 dengan tema merawat seni tradisi, tari musik dan teater. 

Acara gelar seni budaya ini dilaksanakan di Taman Budaya Bengkulu pada 23 - 25 Agustus 2020 yang diikuti oleh seluruh Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Dalam ajang tersebut, Kabupaten Mukomuko menampilkan Tari Gandai.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, H.Ruslan mengatakan Mukomuko menampilkan Tari Gandai yang sudah dikreasi.

Selain itu, Pemkab Mukomuko juga menyerahkan ke pihak Provinsi Bengkulu,  Tari Gandai sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Kabupaten Mukomuko dalam hal ini Provinsi Bengkulu.

"Kita tampilkan Tari Gandai pada Gelar Budaya Bengkulu kemarin. Alhamdulilah antusias dan sambutan masyarakat pada Tari Gandai ini sangat baik. Kita juga sampaikan atau menyerahkan bahwa tari gandai ini merupakan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik daerah kita Provinsi Bengkulu,"ungkap Ruslan saat dikonfirmasi HB, Senin (24/8).

Tari Gandai ini juga sudah ditetapkan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Mukomuko. Selain itu Tari Gandai sudah dilakukan Pencatatan Rekor MURI pada tahun 2019. Oleh sebab itu, Ruslan berharap agar tari ini dapat dilestarikan dengan baik oleh masyarakat.  

"Kita harapkan masyarakat lebih mencintai dan melestarikan seni budaya kita. Karena kedepan seni ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," demikian Ruslan. (Mc)