Tak Digaji Selama 3 Bulan, Kader Remaja Desa Ini Tiba-tiba Diberhentikan

desa talang benuang seluma

Amran, orang tua dari Mista Sagita Kader Kesehatan Remaja Desa Talang Benuang, Kab. Seluma, Foto: Dok

Interaktif News - Mista Sagita (23) seorang Kader Remaja Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma mengaku tidak digaji selama 3 bulan. Tak hanya itu, Mista juga tiba-tiba diberhentikan oleh pemerintah desa setempat tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. 

Menurut Amran yang merupakan orang tua dari Mista, anaknya telah mengabdi sebagai Kader Remaja Desa selama dua tahun. Namun, pada bulan Januari-Maret 2022 anaknya tidak diberi gaji. Seharusnya Mista menerima gaji sebesar Rp 700 ribu per 3 bulan.

"Sudah tiga bulan anak saya tidak menerima gaji sedangkan anggota lain menerima dan tidak hanya itu secara tiba-tiba anak saya ini diberhentikan tanpa pemberitahuan jelas apa masalahnya," kata Amran, Minggu, (14/08/2022).

Sejak diangkat sebagai kader dua tahun lalu, Mista juga tidak diberikan SK. "Saya sangat berharap agar pemerintah desa bisa memberikan penjelasan terkait hal itu," kata Amran. 

Kepala Desa Talang Benuang, Sarwan Efendi saat dikonfirmasi mengatakan, gaji Kader Remaja Desa bersumber dari Dana Desa (DD) namun, Ia tidak mengetahui masalah Mista yang tidak menerima gaji selama 3 bulan. 

Ia berdalih pada rentang waktu 3 bulan tersebut, dirinya sedang habis masa jabatan. Kepala Desa Talang Benuang diisi oleh pejabat sementara (Pjs) sejak November-Agustus tahun 2022.

"Saya tidak tahu terkait kader remaja yang tidak menerima gaji dan diberhentikan itu dikarenakan sewaktu itu jabatan saya selaku kepala desa lagi dijabat Pjs" ujar Kades. 

Reporter: Deni Aliansyah Putra
Editor: Alfridho Ade Permana