Swapoto Andi dan Novianto, Sinyal Searah di Pilkada Mukomuko?

Agus Aswandi

Agus Aswandi ketua DPRD Mukomuko berswapoto bersama dengan Novianto, Waka II DPRD Mukomuko, Poto:Dok/Arianto Amiruddin Poetra

Interaktif News - Dalam rangkaian kegiatan pelantikan PAW Siswanto yang menggantikan Almarhum Syamsurizal AB kemaren di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mukomuko ada sebuah momen hangat yang menjadi perbincangan di tengah masyarakat, Jumat, (10/07/2020) 

Momen hangat itu tersaji saat ketua DPD PAN Kabupaten Mukomuko Agus Aswandi ber-swapoto dengan Nopianto yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Mukomuko yang juga tokoh muda Partai Perindo Kabupaten Mukomuko.

Momen ini menjadi hangat karna pada suksesi Pilkada Kabupaten Mukomuko kali ini PAN yang memiliki tiga kursi di DPRD Kabupaten Mukomuko hingga saat ini sama sekali belum menentukan arah, baik mendukung kandidat cabup maupun wabup. Berbeda dengan Perindo yang dengan terang-terangan sudah mendeklarasikan diri mendukung Haidir sebagai balon Cabup dan Gunarto sebagai Balon Wabup.

Terkait itu, Ketua DPD PAN Mukomuko Agus Aswandi menjelaska, momen poto bareng dengan pak dengan Novianto bukanlah sesuatu yang harus dibesar-ebsar, apalagi dikaitkan dengan suksesi pilkada 2020. 

“Saudaraku Nopianto anggota DPRD Fraksi Perindo, kami sudah dekat dari sama-sama berjuang di Bengkulu dulu, sewaktu masih menjadi mahasiswa, kami sama-sama aktif di HMI di Ikatan Pemuda Kabupaten Mukomuko, dan beberapa organisasi lainnya, bahasa nya reunilah, dia sudah menjadi orang hebat sekarang, sudah jadi pimpinan DPRD.

Jadi dia ngajak ngopi di ruangannya pembahasannya ya hanya seputar pelantikan tadi dan bertanya kabar kawan yang dulu seperjuangan, nggak usah dibesar-besarkanlah masa semuanya dibawa keranah itu” ujar Agus Aswandi.

Dtambahkan Agus, saat ini PAN belum mengeluarkan rekomendasi kepada siapapun namun iten menjalin kumunikasi dengan nama-nama yang sudah muncul untuk maju pilkada Mukomuko seperti Haidir, Sapuan, Yulia Susanti, dan Burhandari tapi PAN sampai dengan saat ini belum mengeluarkan rekomendasi sehingga siapa pun masih berpeluang. 

“Kita tunggu saja keputusan langit, karena siapa yang mendapatkan rekomendasi PAN untuk diusung sebagai calon bupati dan wakil Bupati Mukomuko bahkan menjadi Bupati Mukomuko 5 tahun kedepan itu sudah tertulis sebagai keputusan langit, mengenai siapa, kita tunggu saja, nanti kami akan sampaikan setelah B1 KWK sampai ke DPD PAN Kabupaten Mukomuko” ujar ketua DPRD ini.

Namun hal berbeda yang disampaikan salah seorang tokoh muda dan juga aktifis sosial penggiat sosial kemasyarakatan, Hendi Yulisno. Saat dimintai pendapat terkait pertemuan gangat itu, Hendi mencoba menafsirkan kedekatan kedua tokoh partai ini. 

Ada dua kemungkinan menurut Hendi, titik temu yang bisa diambil dalam momen pertemuan itu. Pertama PAN yang belum memiliki calon mencoba membuka komunikasi politik dengan Perindo yang terlebih dahulu mendeklarasikan pasangan calonnya dan kemudian bisa saja PAN bersama Perindo satu arah. 

“Kedua, Perindo yang sebelumnya sudah resmi memiliki usungan bisa saja antara keputusan partai dan arah politik secara personal mereka berbeda” kata Hendi.

Reporter: Arianto Amirudin Poetra
Editor: Irfan Arief