SNPDB MAN IC Bengkulu Tengah Fokus Pada Kualitas

1

Foto/Dok: Humas Kanwil Kemenag Bengkulu

Interaktif News - Dalam Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun pelajaran 2019/2020, MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah fokus pada penjaringan siswa/i MTs maupun SMP yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan.

"Kami tidak mengejar kuantitas, tapi kami lebih fokus mendapatkan peserta didik yang memang memiliki kemampuan akademik yang gemilang," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar MS,M.Pd saat menyampaikan sosialisasi SNPDB MAN IC Bengkulu Tengah di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Rabu (22/1).

Dalam sosialisasi sehari tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Seksi Madrasah Kemenag Kabupaten Kota, Kepala MTsN se-Provinsi Bengkulu serta perwakilan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Provinsi Bengkulu.

Baca Juga: Dua Siswa MAN IC Benteng Wakili Bengkulu di Ajang KSM Tingkat Nasional

Didampingi Kapala Bidang Pendidikan Madrasah, Dr.H.Junni Muslimin,MA dan Kepala MAN IC Benteng, Imam Ghazali,M.Pd, Ka.Kanwil Menegaskan dengan penjaringan siswa/i MAN IC secara selektif diharapkan hasilnya peserta dapat  mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama (boarding school).

Sementara itu, Kepala MAN IC Bengkulu Tengah Imam Ghozali dalam keterangannya mengatakan bahwa untuk menjaring siswa siswi berprestasi pihaknya telah melakukan sosialisasi MAN IC di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten dan Kota termasuk di Kanwil Kemenag Bengkulu, karena sejak berdiri tahun 2016 lalu keberadaan MAN IC memang belum banyak di ketahui oleh Masyarakat Bengkulu.

"Alhamdulilah kami sosialisasi di beberapa Kabupaten dan  mendapatkan respon yang luar biasa dari pada siswa, dan bagi masyarakat yang berminat bisa langsung mengakses website direktorat Jenderal Pendidikan Islam (https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2020/),"ujarnya.

Baca Juga: Pelajar MAN IC Benteng Raih Mendali Emas di Ajang KSM Nasional 2019

Menurutnya, semua informasi terkait SNPDB telah diumumkan dalam laman web tersebut dan diharapakan kepada para siswa untuk terus memantau informasi pada web tersebut atau langsung bertanya pada penitia SNPDB MAN IC Bengkulu Tengah.

"Peminatnya sangat luar biasa, padahal tahun ini kami hanya menerima 96 peserta didik baru atau hanya 4 kelas," ujarnya.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Bengkulu Tengah merupakan 1 dari 20 MAN IC yang tersebar di Indonesia dan disebut-sebut sebagai prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia dengan visi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.(Rls)