Satlantas Polres Mukomuko Gelar Ramcek Angkutan Umum Jelang Libur Nataru 2024

ramcek

Satlantas Polres Mukomuko bersama OPD terkait melakukan pengecekan salah satu mobil travel, foto: Dok

Interaktif News – Satlantas Polres Mukomuko menggelar pemeriksaan kendaraan (Ramcek) kepada sejumlah angkutan umum dan travel di Mukomuko. Operasi ini memastikan fisik kendaraan yang akan melayani warga Mukomuko jelang mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

“Upaya ini kami lakukan sebagai pencegahan dini resiko kecelakaan jelang nataru 2024. Kondisi prima pada fisik kendaraan menjadi salah satu penunjang keselamatan warga saat melakukan mudik nataru,” kata Kapolres Mukomuko melalui AKP Rully Zuldh F, Rabu kemarin, (15/11/2023).

Menurut dia, beberapa kecelakaan terjadi akibat pada masalah teknis kendaraan. Untuk itu pihaknya bersama OPD terkait melakukan ramcek guna memastikan keselamatan warga yang akan melaksanakan mudik nataru.

“Ramcek yang kami lakukan itu berupa pemeriksaan kondisi mobil, seperti lampu penerangan, ban mobil, kaki-kaki pada mobil, klakson, wiper air serta kelayakan pada mesin kendaraan,” ujar dia.

Selain fisik kendaraan, sambung dia, pihaknya juga melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi  pelanggaran-pelanggaran saat diperjalanan.

“Ramcek ini akan terus dilakukan untuk mengantisipasi tindakan pelanggaran pada angkutan umum dan travel. Mengingat, angkutan umum wajib memperhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpangnya,” pungkasnya.

Namun demikian, pihaknya mengimbau pentingnya pengemudi untuk melakukan pengecekan sebelum beroperasi. Kesehatan pengemudi dan kecepatan berkendara juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

“Sasarannya tidak hanya kendaraan, aspek kesehatan supir juga tak luput dari pemeriksaan dalam pengecekan ini. Setiap supir yang telah ditemui tadi juga dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Dinas Kesehatan,” sebutnya.

Lebih jauh, Ia mengharapkan pengecekan yang dilakukan ini sekaligus membangun budaya disiplin tertib dan etika berlalu lintas serta meningkatkan kualitas keselamatan berlalu lintas.

"Harapan kita ramcek ini dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas. Sehingga warga mendapatkan kepastian keamanan dari pihak penyedia angkutan umum saat liburan Nataru 2023-2024,” harapnya.

Reporter: Purwanti