Raih Penghargaan Kemenkeu, Kepala BPKAD Kota Bengkulu Ajak Tingkatkan Akuntabilitas

Yudi Susanda

Kepala BPKAD Kota Bengkulu Yudi Susanda. Foto/Dok: Ist

Interaktif News – Pemerintah Kota Bengkulu meraih piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun  Anggaran 2021.

Piagam penghargaan dberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Bengkulu, Syarwan kepada Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Sekda Kota Bengkulu Arif Gunadi, Senin (31/10/2022) di Berendo Kota Bengkulu.

Dikatakan Syarwan, WTP ini adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah atas pengelolaan keuangan APBD. Dirinya mengakui pemkot Bengkulu terhadap anggaran mengedepankan akuntabilitas.

“Ini penghargaan atas pengelolaan keuangan APBD yang sangat baik. Artinya teman-teman di Pemkot Bengkulu ini betul-betul mengedepankan akuntabilitas,” ujar Syarwan.

Atas raihan penghargaan tersebut, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu Yudi Susanda mengatakan bahwa ini adalah bentuk keseriusan pihaknya dan juga seluruh jajaran di Pemkot Bengkulu, untuk terus bekerja dengan serius dalam meningkatkan akuntabilitas.

“Kami jajaran BPKAD Kota Bengkulu akan terus berbenah dalam hal akuntabilitas pelaporan keuangan, dan terus mengoptimalkan pelayanan,” ujarnya.

Pihaknya lanjut Yudi, akan terus memberikan laporan keuangan yang baik agar penghargaan WTP dari Kemenkeu dapat di raih Pemkot Bengkulu. Percepatan penyusunan LKPD, berkoordinasi dengan seluruh OPD akan terus dilakukan BPKAD Kota Bengkulu untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kita optimis dapat kembali meraih penghargaan dari Kemenkeu ditahun berikutnya. Ini harapan dari pak walikota dan amanah bagi  kami BPKAD dan seluruh OPD tentunya,” pungkas Yudi.

Sementara itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan bahwa piagam tersebut menjadi sebuah stimulan Pemkot Bengkulu dalam melayani warga Kota Bengkulu kedepan menjadi lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan ini menjadi stimulan dan vitamin bagi pemkot untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya sebagai abdi negara. Karena penghargaan seperti ini adalah salah satu alat ukur berkaitan dengan kinerja pemkot,” kata Helmi.

Turut hadir pada acara penyerahan penghargaan  opini WTP tersebut yakni, para asisten, Staf Ahli, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkot Bengkulu dan pihak Ditjen Perbendaharaan Bengkulu. (Adv)

Editor: Alfridho Ade Permana