Pemprov Bengkulu Buka Konektivitas Padang Capo - Empat Lawang

Pemerintah Provinsi Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Kepala BKSDA Bengkulu-Lampung Donal Hutasoit usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama. Selasa, 1 Maret 2022. Foto/Dok

Interaktif News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, pembangunan infrastruktur strategis membuka konektivitas Provinsi Bengkulu dengan provinsi tetangga hingga saat ini terus diupayakan. 

Seperti peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan eksisting Sukaraja - Padang Capo yang melintasi Taman Buru Semidang Bukit Kabu sepanjang 3,05 KM dan Hutan Lindung Bukit Sanggul Sepanjang 12,2 KM, hingga terhubung ke Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kepala BKSDA Ditjen KSDA dan Ekosistem Kementerian LHK dengan Gubernur Bengkulu tentang Pembangunan Strategis Dalam Rangka Peningkatan dan Pemeliharaan Ruas Jalan Eksisting Sukaraja - Padang Capo Kabupaten Seluma, di Ruang Rapat Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (1/3/2022).

"Tadi sudah kita tandatangani PKS-nya, jadi Kementerian LHK telah setuju kawasan tersebut dimanfaatkan untuk membangun konektivitas. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat Padang Capo dan sekitarnya," ujar Gubernur Rohidin.

Sementara itu Plt Kadis LHK Provinsi Bengkulu Safnizar mengatakan, terhadap lahan Taman Buru Semidang Bukit Kabu dan Hutan lindung Bukit Sanggul Sepanjang yang dibebaskan untuk akses jalan ini akan dilakukan pengerjaan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Semua persyaratan sudah selesai, kita tinggal menunggu AMDAL-nya yang saat ini masih proses. Semoga tahun ini pengerjaannya bisa dimulai," kata Safnizar.

Turut hadir dalam penandatanganan PKS tersebut, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Irsan Fajri dan perwakilan Korem 041/Gamas Bengkulu.

Editor: Alfridho AP