Pemkab Lebong Raih Penghargaan Atas Capaian Program UHC

UHC Award 2023

Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Kepala BPJS Lebong Diky Ardi Yuda, Kepala Dinas Kesehatan Lebong Rachman dan OPD teknis lainnya usai menerima tropi penghargaan UHC Award 2023 di Balai Sudirman, Jakarta. Selasa, 14 Maret 2021. Foto/Dok

Interaktif News - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia memberikan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award tahun 2023 kepada Pemerintah Kabupaten Lebong.

Penghargaan tersebut diberikan lantaran Kabupaten Lebong yang dipimpin Bupati Kopli Ansori dinilai sangat berkomitmen tinggi, untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Bahkan untuk program UHC, Kabupaten Lebong sudah mencapai 97,53 persen, atau hampir secara keseluruhan masyarakat Lebong sudah terdata dalam program UHC.

Berdasarkan data yang dirilis BPJS Kesehatan Lebong per 1 Maret 2023, dari 110.223 jiwa penduduk Lebong, tercatat 107.505 jiwa sudah masuk sebagai peserta program JKN dengan rincian 57,237 sebagai peserta PBI APBN Kementerin Sosial, 22.640 PBI APBD (Jamkesda), 16.688 PPU (Pekerja Penerima Upah), 10.270 PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah), 670 bukan pekerja.

Penghargaan bertajuk "Wujud nyata komitmen Pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia," juga diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten lainnya. Yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Piagam penghargaan untuk Kabupaten Lebong sendiri diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin disaksikan Mendagri, Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lebong Kopli Ansori menyampaikan rasa bangga akan penilaian pemerintah pusat, pencapaian dan diraihnya UHC Award 2023 semata memang komitmen Pemkab Lebong untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lebong.

"Penghargaan UHC Award ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Lebong. Ini bukti bahwa kami (Pemkab,red) melalui Dinkes Lebong, selalu berusaha untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Kabupaten Lebong," ujar Bupati Kopli usai menerima penghargaan. 

Ditambahkan Kopli, dari pencapaian UHC, diharapkan masyarakat di Kabupaten Lebong dapat lebih dipermudahkan dalam mendapatkan layanan kesehatan. 

Selain itu, dirinya juga mengharapkan semakin tingginya  sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan.

"Dengan kerja keras dan sinergitas dengan semua pihak, tujuan utamanya agar masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara merata," pungkasnya.

Dalam acara penerimaan penghargaan UHC Award 2023, Bupati Lebong Kopli Ansori juga didampingi Kepala BPJS Lebong Diky Ardi Yuda, Kepala Dinas Kesehatan Lebong Rachman dan sejumlah jajaran OPD teknis lainnya.

Editor: Maya Fitria Sari