Pemkab Lebong Percepat Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK

Pemkab Lebong

Rapat percepatan penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK Perwakilan  Bengkulu dipimpin Sekda Lebong, Mustarani Abidin .Jumat, 24 Februari 2023. Foto/Dok: Maya Fitria

Interaktif News - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melaksanakan rapat membahas percepatan penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bengkulu di Gedung Graha Bina Praja Setda Lebong, Jumat (24/2/2023).

Rapat tertutup ini dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, Mustarani Abidin didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong Erik Rosadi, dan dihadiri seluruh Camat, Lurah dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Lebong.

Sekda Lebong, Mustarani Abidin mengatakan bahwa, temuan hasil pemeriksaan BPK untuk kabupaten Lebong belum semua dapat ditindaklanjuti Majelis Penyelesaian Tuntutan Ganti Rugi (MPTGR) Lebong. 

Pasalnya, ada temuan yang telah lama, sehingga perlu dikaji.

Sedangkan temuan hasil pemeriksaan BPK terakhir, telah diselesaikan sesuai rekomendasi BPK. Karena sifatnya lebih kesalahan administrasi.

"Ini mayoritas temuan lama, sebelum tahun 2021," ujar Mustarani kepada wartawan, Jum'at (24/2/2023).

Dalam pertemuan tersebut, MPTGR akan mengkaji semua hasil temuan BPK yang belum ditindaklanjuti. Mengingat, ada temuan yang telah lama, serta oknum yang bertanggungjawab sudah tidak ada.

Menindaklanjuti temuan BPK, MPTGR Lebong akan menempuh segala upaya. Sehingga tak menutup kemungkinan ditempuh langkah perdata.

"Sebagian yang belum tuntas ini merupakan temuan lama, tapi kita tetap mendorong untuk bisa diselesaikan. Kami ingin temuan bisa diselesaikan secara menyeluruh,” pungkas Mustarani.

Untuk diketahui, tahun 2022 lalu BPK RI juga mencatat ada 280 item temuan BPK-RI perwakilan Bengkulu yang belum ditindak lanjuti sejak tahun 2006-2020.

Reporter: Maya Fitria Sari
Editor: Alfridho Ade Permana