Pemdes Karang Cayo Gelar Sosialisasi PPKM Mikro, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes

Desa Karang Cayo

Sosialisasi Permendagri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro Desa Karang Cayo, Bengkulu Selatan, Foto: Dok

Interaktif News - Pemerintah Desa Karang Cayo, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar sosialisasi Permendagri Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan  Optimalisasi Posko Penanganan Covid-19, Selasa, (13/07/2021).

Acara yang berlangsung di aula kantor desa itu berlangsung tertib dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat. Turut hadir  Perwakilan Camat Pino Raya, Puskesmas Pino Raya, unsur Polsek Pino Raya, Bhabimkamtibmas, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat. 

Camat Pino Raya Hendri Parizal dalam paparanya mengatakan, pengaturan PPKM Mikro merupakan kebijakan pemerintah yang harus menyentuh ke tingkat paling kecil yaitu desa. Salah satu bentuk kebijakan PPKM Mikro  dianatranya membentuk posko Covid-19 di tingkat desa. 

“Dengan berdirinya posko di tingkat desa maka pencegahan, penanganan, pembinaan serta mendukung pelaksanaan penanganan covid- 19 di tingkat desa dapat dilakukan dengan baik. Selain itu pembatasan kegiatan masyarakat adalah hal yang sangat penting agar program PPKM ini bisa sukses" jelas Hendri Parizal Selaku Camat Pino Raya,

Lebih lanjut Hendri Parizal mengatakan, posko nantinya akan diisi oleh tim penanganan Covid-19 yang berfungsi untuk melakukan trashing, tracking, dan treatment Covid-19 dengan cara bekerja sama dengan tenaga kesehatan di Puskesmas. 

“Kemudian tim pencegahan yang dapat mengingatkan masyarakat untuk patuh protokol kesehatan, terakhir tim yang mendukung penanganan Covid-19 dari tenaga kesehatan” papar Camat Hendri Parizal.

Sementara Pjs Kepala Desa Karang Cayo mengatakan, masyarakat tidak lengah dalam menghadapi pandemi covid-19. Masyarakat diminta untuk mematuhi serta mentaati protokol kesehatan penanganan covid-19. Pihakanya segera mengaktifkan kembali Posko yang telah ada dan akan dioptimalkan fungsinya. 

“Kami berkomitmen penuh untuk turut menyukseskan program PPKM, posko yang selumnya telah kami buat akan kembali dimaksimlakan fungsinya termasuk menyiapkan prasarana terkait penanganan covid-19” kata Pjs Kades. 

Reporter: Yon Maryono

Editor: Alfridho AP