Pemdes Air Latak Gelar RAPBDes 2024, Fokus Percepatan Pembangunan

Desa Air Latak Seluma

Rapat ABDes Air Latak, Kec. Seluma Barat, Kab. Seluma, Rabu, 03 April 2024, Foto: Dok

Interaktif News - Pemerintah Desa Air Latak Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma menggelar rapat pembahasan terkait rancangan APBDes di tahun 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Air Latak, Riswan Effendi mengatakan, rancangan APBDes kali ini pihaknya menyesuaikan dengan peraturan desa jika anggaran akan di fokuskan terhadap pembagunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat.

"APBDes kali ini kita rancang untuk fokus terhadap pembagunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan aturan Permendes," sampai Riswan. 

Selain diprioritaskan kepada pembagunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat lanjut Riswan, dana desa dalam aturan Permendes masih tetap diperuntukkan kepada program bantuan langsung tunai (BLT).

"Sesuai aturan Dana Desa tetap di realisasikan di program Bantuan Langsung Tunai atau BLT bagi masyarakat yang tidak mampu," kata Riswan.

Program bantuan langsung tunai kata Riswan, merupakan upaya juga dari pemerintah pusat untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem, pasca terjadinya dampak Covid-19 sebelumnya yang sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat.

"Bantuan ini juga merupakan salah satu upaya dari pemerintah pusat dan Desa sebagai perpanjangan tangan untuk mengentaskan angka kemiskinan yang ekstrem," tutur Riswan.

Adapun bantuan uang tunai dalam penyaluran BLT-DD tersebut sebesar Rp 300 Ribu, langsung dibagikan kepada setiap kepala keluarga yang masuk kategori penerima manfaat.

Kegiatan penyaluran BLT Desa Air Latak turut dihadiri, Camat Seluma Barat, Perwakilan Dinas PMD, BPD beserta Pendamping Desa beserta Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, dan 20 warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Reporter: Deni Aliansyah Putra