Partisipasi Pemilih Pilgub Bengkulu Lampaui Target Nasional

Darlinsyah

Darlinsyah, M.Si, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Foto: Dok/Irfan Arief

Interaktif News – Gelaran pilkada serentak 2020 memasuki babak akhir setelah pada Selasa, 9 Desember 2020 lalu masyarakat Bengkulu dan masyarakat seluruh indonesia menyalurkan hak pilihnya ke TPS. Agenda pilkada saat ini mulai memasuki rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Dibalik sukses dan lancarnya pelaksanaan pilkada serentak 2020, KPU Provinsi Bengkulu dan jajaranya mencatatkan prestasi tersendiri yang mana tingkat partisipasi pemilih untuk Pilgub Bengkulu melampaui target nasional. 

Data KPU Provinsi Bengkulu, Jumat, 11 Desember 2020 tingkat partisipasi untuk pilgub sudah mencapai angka 79,37 persen atau lebih tinggi dari target secara nasional yang telah ditetapkan pada angka 77,5 persen. Angka itu belum final karena proses penghitungan belum 100 persen selesai.

Baca juga: Kapolda Bengkulu Apresiasi Masyarakat Patuhi Prokes Selama Pilkada

Baca Juga: Pasca Pilkada, Masyarakat Diminta Jaga Kamtibmas dan Prokes

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Bengkulu yang telah ikut berpatisipasi atas suksesnya agenda pilkada serentak 2020. Dukungan masyarakat kata Darlin merupakan kunci sukses hingga partisipasi pemilih mampu melampaui target partisipasi secara nasional.

“Kepada teman-teman media massa, ormas, LSM, perguruan tinggi, OKP, mahasiswa, komunitas, pemerintah daerah hingga kepala desa kami ucapkan terimakasih banyak atas dukunganya. Khusus untuk teman-teman jajaran KPU Kabupaten/kota, PPK, PPS, KPPS terimakasih atas kinerja yang sangat baik, demikian pula untuk mitra kami dari Bawaslu dan jajaranya kami ucapakan terimakasih banyak” kata Darlin 

Walaupun dilaksanakan di tengah wabah pandemi COVID-19 sambung Darlin, tingkat partisipasi pemilih menunjukan angka yang sangat baik. Ia awalnya khawatir wabah COVID-19 yang akan berpengaruh signifikan dengan tingkat partisipasi pemilih. 

“Alahmudlilah itu dapat teratasi karena sejak awal KPU sudah melakukan sosialisasi pilkada secara masif terutama terkait dengan regulasi-regulasi baru yang diterbitkan KPU yang berkaitan dengan COVID-19. Hal-hal baru dalam TPS giat kami sosialisasikan untuk diketahui masyarakat seperti kewajiban mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak saat antrian di TPS” ungkapnya 

Namun demikian, mantan Ketua KPU Kota Bengkulu mengingatkan, agenda pilkada serentak belum sepenuhnya tuntas karena masih banyak tahapan yang akan dilalaui diantaranya rekapitulasi penghitungan suara di masing-maisng tingkatan hingga penetapan calon terpilih. 

“Kami juga mengimbau mari sama-sama kita kawal hak demokrasi rakyat yang telah disalurkan melalui mekanisme pilkada. Hajatan ini belum sepenuhnya tuntas masih banyak tahapan yang harus dilalui, tugas KPU masih banyak hingga benar-benar selesai” katanya  

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Irfan Arief