Musdes Muara Pulutan, Bahas Rencana Pembangunan Desa 2022

Musyawarah Desa Muara Pulutan

Foto/Dok: Yon Maryono 

Interaktif News - Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Pulutan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Musyawarah Desa (Musdes) pada Senin, (8/2). 

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor desa setempat ini guna menampung usulan dari masyarakat untuk penyusunan rencana pembangunan desa tahun anggaran 2022.

Musyawarah dipimpin anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Amlan, dihadiri kepala desa Muara Pulutan, Babinsa, serta pendamping desa, namun disayangkan dari pihak  kecamatan Seginim tidak ada yang dapat hadir.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Muara Pulutan, Gunlisdi,Bsc mengatakan, agar kiranya warga yang hadir dapat menyampaikan usulan sebanyak mungkin dan usulan nantinya dapat merata di semua wilayah Muara Pulutan. 

"Nanti dari usulan ini, kita akan adakan lagi musyawarah selanjutnya dan akan di bentuk tim 11 yang akan merumuskan usulan tersebut," ujar Gunlisdi. 

Babinsa Sersan Effendi yang juga hadir menyampaikan bahwa usulan masyarakat ini nantinya akan dilihat dari skala prioritas kebutuhan dari warga Desa Muara Pulutan.

Kemudian, Apandy sebagai pendamping desa menambahkan bahwa yang mana usulan yang tidak terdanai oleh dana desa (DD) silakan usulkan di tingkat  musrencam dan musrenkab. "Kepada perangkat desa jangan ada kesalahan didalam pembagian dana ADD dan DD, tetap ikuti petunjuk yang sudah ada," sampainya. 

Berikut Hasil Musyawarah Desa Muara Pulutan untuk rencana pembangunan tahun 2022 :

1. Pembangunan gedung PAUD dan pengadaan Laptop
2. Rehab Siring belakang pasang rumah warga atasi banjir
3. Siring pasang Air Pulutan
4. Tempat cuci piring untuk TP PKK
5. Baju seragam kelompok Dendang dan Zikir
6. Alat tensi darah untuk Posyandu
7. Siring pasang depan rumah warga
8. Tambahan modal BuMdes
9. Bantuan untuk warga penyandang cacat
10. Pemutaran pembangunan yang ada di dalam desa
11. Pemasangan portal jalan rabat beton
12. Siring pasang di dusun Tj.Raya

Reporter: Yon Maryono
Editor: Usmady Dianto