Mengapa Hari Kata Sandi Dunia Jatuh pada Hari Kamis Bulan Mei?

hari kata sandi dunia

Ilustrasi penggunaan kata sandi, Foto: Dok/Freepik

Interaktif News – Setiap tahun pada hari Kamis pertama bulan Mei diperingati sebagai World Password Day atau Hari Kata Sandi Dunia. Perayaan World Password Day pertama kali dilakukan pada tahun 2013 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan kata sandi dan mendorong pengguna untuk membuat kata sandi yang kuat dan aman.

Hari Kata Sandi Sedunia pertama kali dicetuskan oleh seorang peneliti keamanan bernama Mark Burnett pada tahun 2005 lalu. Ia menyarankan setiap orang pengguna dunia maya untuk memiliki ‘hari sandi’ mereka sendiri ketika mereka mengubah sandi. Saran itu diuraikan Bunnet dalam bukunya yang berjudul “Kata Sandi Sempurna”

Ide Bunett itu kemudian menginsipirasi perusahaan keamanan siber Amerika Serikat, Intel Security (kini McAfee) bersama dengan National Cyber Security Alliance (NCSA) untuk menciptakan ketaatan mengganti sandi di seluruh dunia. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan siber, khususnya tentang pentingnya menggunakan kata sandi yang kuat dan aman.

Perayaan ini biasanya dirayakan dengan berbagai aktivitas seperti seminar, lokakarya, dan kampanye kesadaran di media sosial. Selain itu, banyak perusahaan teknologi dan organisasi yang juga memberikan saran dan tips tentang cara membuat kata sandi yang aman, bagaimana mengelola kata sandi, dan cara melindungi akun online dari serangan siber.

Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Hari Kata Sandi Dunia semakin dikenal dan diakui sebagai acara penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan siber dan menjaga kata sandi yang aman dan kuat.

Perayaan World Password Day bukan merujuk pada tanggal atau momen tertentu melainkan hari Kamis pertama bulan Mei. Pemilihan hari Kamis ini tidak ada kaitannya dengan alasan tertentu atau peristiwa khusus.

Pemilihan hari Kamis berdasarkan pertimbangan bahwa Kamis adalah hari yang biasanya menjadi tengah minggu, yang sering dianggap sebagai saat yang tepat untuk memberikan pengingat atau peringatan terkait keamanan siber.

Selain itu, pemilihan hari Kamis diharapkan dapat memungkinkan orang untuk melakukan evaluasi terhadap kata sandi mereka dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan keamanannya sebelum memasuki akhir pekan atau liburan.

Meskipun pemilihan hari Kamis tidak ada kaitannya dengan peristiwa khusus, Hari Kata Sandi Dunia telah menjadi acara tahunan yang diakui secara internasional dan disambut oleh banyak organisasi, perusahaan, dan individu di seluruh dunia.

Reporter: Iman SP Noya