Matangkan Smart Fisheries Village, Bupati Kaur Terima Kunjungan Tim KKP RI

Kaur SFV

Bupati Kaur, Lismidianto terima kunjungan Tim KKP RI, Jumat, 3 Februari 2023, Foto: Dok

Interaktif News - Bupati Kaur H. Lismidianto terima kunjungan dari tim KKP RI di ruang kerjanya. Ia didamping Sekda Ersan Syahfiri, Kadis Perikanan Misralman, Kadis Kominfosantik M. Jarnawi, Kadis Dikbud Sumari dan Kepala Bappeda Litbang Suhadi, ST, Jumat, (03/02/23).

Kunjungan Tim dari Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia Kementrian Kelautan dan Perikanan RI sebagai tindak lanjut dari MoU yang sebelumnya telah ditandatangan Bupati Kaur beberapa waktu lalu.

MoU terkait sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan di Kabupaten Kaur.

Perwakilan KKP RI, Cece Sudrajat mengatakan, kunjungannya ke Kabupatren Kaur dalam rangka koordinasi dan verifikasi terkait salah satu program unggulan KKP melalui BRSDM tentang Smart Fisheries Village (SFV)

“Ini juga berhubungan dengan kunjungan Bupati Kaur ke KKP RI beberapa waktu lalu” ujar Cece

SFV merupakan konsep pembangunan desa perikanan dan satuan kerja yang berbasis pada penerapan benih unggul, teknologi informasi komunikasi dan manajemen tepat guna, keberlanjutan serta meningkatkan ekonomi yang berada di tengah-tengah program kampung perikanan budidaya dan desa inovasi/desa mitra.

Program ini dikebangkan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) dalam rangka memperkuat kemandirian desa yang berbasis usaha perikanan. 

SFV merupakan akselerasi program prioritas yang digaungkan Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, yakni pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

Sementara itu Bupati Kaur H. Lismidianto, SH, MH menyambut baik kunjungan Tim dari KKP RI yang merupakan sebuah sinyal pengembangan bidang perikanan di Kabupaten Kaur.

Ia berharap program dari KKP akan berdampak pada dan mendukung program pengembangan usaha perikanan yang telah dikembangan Pemkab Kaur. 

“Semoga kerjasama dan dukungan dari KKP ini bisa berdampak baik untuk pembangunan sumber daya keluatan dan perikanan di Kabupaten Kaur” kata Lismidianto.

Reporter: Miko Apriansyah