Maksimalkan Pajak Kendaraan, UPTD Samsat Bengkulu Selatan Gandeng BUMDES

sosialisasi pajak

Sosialisasi Pajak Kendaran Bermotor dan Pajak Progresif UPTD PPD Bengkulu Selatan, Jumat, 12 Juli 2019, Poto/Junaidi Hamid

Interaktif News – Dalam rangka memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat BS terus melakukan inovasi pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Tahun ini UPTD Samsat Bengkulu Selatan rencananya akan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk sharing informasi dan upah pungut pajak kendaraan bermotor. 

Rencana tersebut disampaikan UPTD Samsat Bengkulu Selatan saat menggelar sosialisasi Pajak Kendaraan bermotor dan pajak Progresif di Gedung Aula Reptaloka Bengkulu Selatan.

Menurut Kepala Unit Pelaksana teknis Dinas (UPTD) Samsat Bengkulu Selatan Sirwan Mayudi, UPTD Samsat Bengkulu Selatan berkomitmen penuh untuk terus berkontribusi meningkatan PAD, salah satu inovasinya bersinergi dengan BUMDES.

“Nanti BUMDES dapat menghimpun pemilik kendaraan yang sudah jatuh tempo, lalu pihak Samsat akan menjemput persyaratan tersebut dengan harapan untuk mempercepat pelayanan dan mengurangi ongkas pembayar pajak namanya Samsat Desa” kata Sirwan.

Selain itu Sirwan juga menyampaikan tentang target pencapaian pendapatan daerah yang telah tertuang dalam rencana pendapat pajak daerah tahun 2019,melalui target itu UPTD di masing-masing daerah dituntut untuk terus berinovasi agar target tercapai. 

“Melalui sosialisasi ini, masyarakat kiranya sadar akan pembayaran pajak kendaraan bermotor kenapa petingnya membayar pajak tepat waktu karena seluruh pembangunan daerah ini tergantung dari pajak yang masyarakat bayar” papar Sirwan. 

Kegiatan sosialisasi tersbut turut dihadiri Kepala Desa, Ketua Bumdes dan perwakilan masyarakat dan dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili Asisten II Nopman Ahmad Ali. 

Tampil sebagai pembicara Kabag Keuangan, UPTD Samsat Bengkulu Selatan, Kanit Lantas Polres Bengkulu Selatan, Perwakilan Bank Bengkulu, dan Jasaraharja.

Reporter: Junaidi Hamid
Editor: Riki Susanto