Lestarikan Kebudayaan dan Kesenian Jawa di Seluma, Pengurus PMJB Resmi Dilantik

pmjb seluma

Foto bersama usai pelantikan pengurus Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu di gedung daerah Serasan Seijoan, Seluma, Jumat, 14 Juni 2024, Foto: Dok

Interaktif News - Ketua umum Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) wilayah Provinsi Bengkulu, Hakim Agung Prof Dr H Yanto SH MH resmi melantik kepengurusan baru PMJB Kabupaten Seluma di Gedung Daerah Serasan Seijoan, Jumat (14/6/2024).

Hakim Agung Prof Dr H Yanto mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan baru maka PMJB Seluma ini kedepannya bisa memberikan kontribusi yang baik terhadap pemerintah daerah, setidaknya secara moral dapat memberikan masukan demi kemajuan pembangunan daerah.

"Dengan dilantiknya kepengurusan baru PMJB ini semoga kedepannya dapat memberikan contoh yang baik kepada pemerintah daerah, seperti memberikan masukan tentang bagaimana pembangunan Seluma ini," kata Hakim Agung, Prof Dr H Yanto.

Tak hanya ihwal pembangunan saja, lanjut Hakim Agung, PMJB juga diminta untuk selalu melestarikan kesenian dan kebudayaan jawa sehingga pada masa mendatang kesenian itu bisa diwariskan ke anak cucunya yang ada di Kabupaten Seluma.

Namun kata dia, majunya kesenian jawa di Kabupaten Seluma tidak terlepas juga dari kepedulian seorang Kepala Daerah yaitu Bupati Erwin Octavian. Melestarikan kesenian dan kebudayaan jawa dapat dilakukan melalui program  khusus PMJB yang nantinya bisa berkordinasi dengan pihak pemerintah daerah.

"Pelestarian budaya dan kesenian yang dilakukan PMJB ini nantinya itu kan juga tergantung dari kepedulian seorang kepala daerah, kepedulian Bupatinya, jika Bupati peduli maka program khusus seperti melestarikan budaya dan kesenian jawa ini bisa terus berlangsung," ujarnya.

Bupati Seluma Erwin Octavian menyambut baik adanya pelantikan kepengurusan PMJB Kabupaten Seluma yang nantinya pemerintah daerah bersiap berkolaborasi serta berkontribusi tentang keberlangsungan dalam melestarikan kesenian jawa kedepannya.

"Hingga saat ini kita terus mendorong kesenian dan kebudayaan jawa agar dapat dilestarikan, insyallah setiap program PMJB yang positif pasti akan kita suport," kata dia.

Sementara untuk ketua PMJB di Kabupaten Seluma diamanahkan kepada Wandi yang merupakan anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 dari partai Gerindra. Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Seluma Erwin Octavian, anggota pengurus PMJB Provinsi Bengkulu, Komandan Kodim 0425/ Seluma Letkol Arh Deddy Hendaryatmoko dan PN Tais serta tamu undangan lainnya.

Reporter: Deni Aliansyah Putra