Kunjungan ke Melaka, Gubernur Rohidin Temui Tun Mohd Ali bin Mohd Rustam

Malaysia

Foto bersama: Gubernur Rohidin Mersyah bersama Tun Mohd Ali bin Mohd Rustam, Foto: Dok

Interaktif News - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah melakukan lawatan ke negeri “Jiran” Malaysia. Kunjungan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diisi dengan berbagai agenda diantaranya mengunjungi Pejabat Yang di-Pertua Negeri Melaka, Tun Seri Setia (Dr) Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam, Minggu, (10/12/2023)

Gubernur Rohidin mengatakan, kunjungan resmi ke Negeri Melaka sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan antarwilayah dan membangun kerjasama yang lebih baik antara Bengkulu dan Negeri Melaka. Kunjungan ini merupakan langkah strategis dalam memperluas jejaring kerjasama di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pariwisata, dan budaya.

Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan keinginan untuk mengintensifkan kolaborasi di antara kedua wilayah. Ia menekankan pentingnya saling mendukung untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan pariwisata serta untuk memperkaya keragaman budaya di kedua daerah.

Sebelumnya Gubernur Rohidin menjadi inisiator kegiatan UMKM Merdeka Eksport  Tahun 2023 yang digelar di Melaka, Malaysia. Acara tersebut merupakan upaya Gubernur Rohidin untuk meningkatakan akslerasi UMKM Bengkulu dan Indonesia dalam merambah pasar international.

“Tujuan kami untuk membangun koneksi pasar agar UMKM kita bisa naik kelas. Pasar Internasional seperti Malaysi, Singapura, Korea itu sangat terbuka luas hanya saja UMKM kita butuh dukungan pemerintah untuk mengkases pasar itu” kata Gubernur Rohidin.

Ia menyebutkan, berbagai produk Indonesia yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut mencakup beragam bidang, diantaranya kerajinan tangan, tekstil, makanan tradisional, produk perawatan tubuh alami hingga peralatan rumah tangga berkualitas tinggi.

"Acara ini bertujuan untuk memamerkan produk unggulan Indonesia di Malaysia dan menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan," kata Gubernur Rohidin.

Selain menghadiri pembukaan UMKM Merdeka Eksport, Gubernur Rohidin bersama dengan Wakil Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Afriansyah Noor juga menyempatkan silaturahmi dengan pekerja Migran Indonesia di Melaka Malaysia.

Editor: Iman SP Noya