BN New

Kelebihan Google Play Dibanding yang Lain

google play

Google Play Store, Foto: Dok

Tips Interaktif  - Ada banyak sistem operasi untuk mengunduh aplikasi yang kerap digunakan pengguna smartphone, diantaranya; Google Play Store, Apple Apps Store, dan Amazon Apps Store. Masing-masing menyajikan fitur-fitur terbaik untuk melayani kebutuhan penggunannya. Namun, kadang muncul pertanyaan mana sih yang lebih baik diantara banyak sistem operasi itu? Jawabannya tentu sesuai selera dan yang tak kala penting tergantung dengan perangkat yang digunakan. 

Tips Interaktif kali ini akan membahas secara khusus fitur-fitur yang dimiliki Google Play sehingga sampai pada kesimpulan ada kunggulan tersendiri yang dimiliki Google Play Store dibanding yang lain. Terutama bagi pengguna Indonesia yang masih didominasi pemakai smart phone dengan OS android. Lantas apa saja keunggulan menggunakan Google Play? Berikut adalah rangkumannya yang dikutip dari berbagai sumber:

Aplikasi Terbanyak, Variatif, dan Mutakhir

Data statistika menyebutkan, pada kuartal pertama tahun 2021, lebih dari 3,48 juta aplikasi seluler menggunakan sistem operasi Google Play untuk menempatkan aplikasi yang mereka buat. Diurutkan kedua ditempati Apple Store dengan lebih dari 2,22 juta aplikasi, dan Amazon Store diurutkan ketiga dengan memiliki 460.619 aplikasi. 

Aplikasi yang dimiliki Google Play meningkat lebih dari sepuluh persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Ini sekaligus semakin menasbihkan Google Play sebagai sistem operasi yang paling familiar dan dan jauh lebih terbuka sehingga di dalamnya terdapat beragam aplikasi dengan fitur-fitur yang lebih variatif dan mutakhir.

Instant Apps, menjalankan aplikasi tanpa instal

Mungkin kita tidak pernah berpikir bagaiman bisa menjalankan sebuah aplikasi di smartphone tanpa install terlebihdahulu. Tenang guys, Google Play telah menjawab itu dengan menghadirkan Instant Apps yaitu; menjalankan aplikasi yang sama tanpa harus diinstal sama sekali. Fitur yang dihadirkan Google Play berkat didukung dan implementasi dari Android WebView yang semakin mutakhir.

Ada Riwayat Instalasi Game

Ketika kamu sudah menghubungkan game dengan akun Google Play, maka seluruh data yang ada di game akan tersimpan ke dalam daftar riwayat game yang pernah kamu mainkan. Jadi ketika Hinet Lovers harus menguninstal game tidak perlu khawatir data akan hilang. Secara otomatis ketika kamu mengunduhnya lagi seluruh data akan muncul kembali. Bahkan achievment-nya sekalipun.
Kemudahan Akses

Saat mengakses Google Play, muncul pertanyaan apakah jaringan internet berjalan dengan lamban? Kamu tidak perlu khawatir karena untuk mengakses Google Play tidak memerlukan kuota banyak. Justru kuota akan berkurang ketika sedang mengunduh aplikasi.

Ramah dengan Pengembang 

Google Play juga memperhatikan dari sisi pengembang agar lebih ramah tidak hanya dari sisi pengguna. Melalui sistem pembahruan pada aplikasi “Google Play Console” kini terdapat banyak tools yang dapat digunakan untuk membantu para pengembang memantau informasi seputar aplikasi yang sudah dibuatnya.

Salah satu fitur baru yang dihadirkan adalah Android Vitals. Dengan fitur ini, pengembang dapat mengetahui performa teknis aplikasi, mulai dari penggunaan baterai, stabilitas, hingga waktu rendering. Aplikasi ini juga memungkinkan para pengembang untuk melakukan uji coba aplikasi versi alpha dan beta. Selain itu, ada pula fitur untuk mengetahui daftar perangkat apa saja yang akan kompatibel dengan aplikasi buatan mereka.

Memiliki Sistem Keamanan Aplikasi

Terakahir yang tidak kala penting dalam sebuah sistem layanan internet adalah keamanan. Google Play dalam hal keamanan sudah memberikan kemajuan. Salah satunya ialah dengan membenamkan sistem penyaringan untuk mencegah masuknya aplikasi-aplikasi berbahaya dan penyusupan malware ke dalam aplikasi. Penggunaan sistem ini pengguna akan lebih aman dan tidak perlu khawatir jika ingin mengunduh aplikasi.

Reporter: Irfan Arief