KBM Tatap Muka di Kepahiang Masih Menunggu Instruksi

Pemerintah Kabupaten Kepahiang

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd. Foto/Dok

Interaktif News – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang mengatakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka disekolah masih menunggu instruksi Kementerian Dikbud dan Gugus Tugas Covid-19 nasional.

“Kegiatan Belajar disekolah belum bisa dilaksanakan, kami masih menunggu instruksi pusat. Ini sesuai SKB Menteri dan siaran pers Mendikbud,” kata Dr. Hartono, M.Pd, saat ditemui dikantornya, Kamis (05/08/2020).

Ia mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka langsung di kelas dipandang masih berisiko menyebarkan virus Covid-19. Meskipun keteladanan guru sangat dibutuhkan oleh murid untuk belajar secara langsung.

“Kami belum berani menerapkan aktivitas sekolah normal kembali, meskipun banyak para orang tua yang ingin anaknya belajar seperti biasanya, ini semua pertimbangan untuk memutus penyebaran covid-19 di kabupaten Kepahiang,”ungkap Hartono.

Saat ini diungkapkannya, Disdikbud mencoba merancang pola belajar mengajar yang efektif meski dalam masa pendemi Covid-19.

“Kita coba cari solusi, seperti apa proses KBM nya. Untuk belajar secara virtual juga tidak memungkinkan, tidak semua pelajar punya perangkat dan fasilitas di rumah. Belum lagi batasan-batasan lain. Tentu ini menjadi pemikiran kami dan jika formulanya siap, tentu kita segera aplikasikan,” sampainya.

Namun jika ada kesepakatan lanjut hartono, antara pihak orang tua wali murid dan guru untuk belajar kembali disekolah silahkan saja tapi tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Nanti kita atur jadwalnya jika memungkinkan, dengan pertemuan seminggu sekali dan dengan pola yang tetap menjaga jarak saat kegiatan belajar antara murid dan guru disekolah,”sambungnya.

Pihaknya berharap Wabah pandemi covid-19 cepat berakhir, sehingga aktivitas belajar mengajar disekolah bisa dilangsungkan seperti biasanya.

Reporter: Rabiul Awal
Editor: Iman SP Noya