Kapan Pemenang Pilkada Resmi Ditetapkan? Berikut Menurut PKPU

KPu Provinsi Bengkulu

Papan Sosialisasi Pilkada KPU Provinsi Bengkulu, Foto: Dok/Irfan Arief/Bengkuluinteraktif.com

Interaktif News – Tahapan demi tahapan hajatan pilkada serentak tahun 2020 mulai memasuki babak akhir setelah Rabu kemaren, 9 Desember 2020 tahapan pencobolasan dirampungkan oleh KPU. Pilkada yang diikuti oleh 9 pilgub, 224 pilbup, dan 37 pilwakot seluruh Indonesia ini sempat tertunda karena wabah COVID-19. 

Provinsi Bengkulu sendiri menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta 8 pemilihan bupati dan wakil bupati. Yang mana hasil sementara sudah dirilis oleh berbagai lembaga survei melalui Quick Count (hitung cepat) dan real count dari masing-masing paslon yang ikut kontestasi.

Baca juga: Rohidin Unggul Sementara Pilgub Bengkulu, Suara Masuk 87,25 Persen

Baca juga: Quick Count Pilkada Kaur, Lis-Heri Unggul dari Kandidat Petahana

Demikian pula data dari KPU yang dirilis melalui aplikasi SIREKAP yang mayoritas sudah berada diangka 50 persen suara masuk. Lantas kapan hasil pilkada (penetapan hasil penghitungan suara) resmi diumumkan KPU?

Menurut PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota tahun 2020, pengumuman resmi hasil penghitungan suara akan dilakukan pada rentang 13-20 Desember 2020.

Untuk penetapan hasil bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota akan dilaksanakan lebih awal yaitu diantara rentang waktu 13-17 Desember 2020 sedangkan jadwal hasil penetapan hasil penghitungan suara untuk pilgub akan dilakukan pada 16-20 Desember 2002. 

Selanjutnya setelah penetapan hasil penghitungan suara, tiga hari setelahnya KPU akan langsung menetapakan paslon sebagai pemenang. Namun, apabila terjadi gugatan atau sengketa, KPU akan menetapan pemenang setelah sengketa selesai.
 
Dalam PKPU juga dituangkan, pengumuman hasil penetapan hasil penghitungan suara akan dilakukan di KPU Kabupaten/Kota untuk pilbup/pilwakot dan KPU Provinsi untuk pilgub serta di laman-laman resmi KPU masing-masing. 

Reporter: Irfan Arief
Editor: Alfridho Ade Permana