Kades Cantik Asal Mukomuko Ini Akhirnya Diberhentikan

Kadesa Cantik

Dwi Sartika Sari, Kades Air Manjunto Jaya, Foto: Dok/Facebook
 
Interaktif News – Masih ingat dengan peristiwa penggerebekan kepala desa berparas cantik oleh warganya sendiri settahun lalu? Kades yang diketahui bernama Dwi Sartika Sari itu merupakan Kepala Desa Air Manjunto Jaya, Kecamatan Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko. Ia digerbek lantaran berduan di tengah malam dengan teman prianya. Kini ia diberhentikan dari jabatannya sebagai kepala desa. 

Dikutip dari radarbumipekal.id, kabar pemberhentian itu dibenarkan Plt Asisten I Setdakab Mukomuko, Dr. Abdiyanto. Menurut dia Kepala Desa Manjunto Jaya diberhentikan lantaran melakukan larangan sebagai seorang kades alias melanggar kode etik.

“Ya, Benar, surat itu dikeluarkan akhir bulan lalu. Dia (Dwi) membuat resah warganya. Dokumen (SK) di kantor. Prosesnya (waktunya) gak beda dengan Kepala Desa Pondok Baru dan Selagan Jaya” kata Abdiyanto, Minggu, (18/07/2021).

Saat ditanya apa yang menjadi alasan pemberhentian sang kades, Asisten I mengungkapkan, Sang kades yang berstatus janda itu dilaporkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat karena telah membuat keresahan di tengah masyarakat. Saat itu rumahnya dugerbek warganya sendiri lantaran menerima tamu lelaki hingga larut malam.

Selain itu, kata Abdiyanto ada indikasi penyalahgunaan pengelolaan dana Desa (DD). Namun, terkait dana desa ia belum bisa memastikan.

“Berdasarkan laporan yang masuk dari BPD salah satunya adalah membuat resah masyarakat. Untuk indikasi penyalahgunaan DD itu ada tapi kan belum terbukti. Nunggu hasil audit” ujar dia

Plt Asisten I ini juga memastikan tidak ada kaitannya keputusan Bupati Mukomuko dengan Pilkada serentak tahun lalu. Namun, lumrah jika pejabat politik dikaitkan dengan politik.

“Keputusan yang dibuat jelas berdasarkan aturan yang berlaku. Tidak, tidak ada hubungannya dengan Pilkada tapi pejabat politik dikaitkan dengan politik saya rasa suatu hal yang lumrah,” ucap dia.

Kepala Desa Manjunto Jaya, Dwi Sartika Sari saat dikonfrimasi mengaku belum mengetahui pemberhentian dirinya. Dwi mengaku sedang menjalani isolasi mandiri. “Saya belum tahu, saya masih isolasi,” kata Dwi Sartika, Sabtu, (17/07/2021) melalui pesan WhatApps.

Kontributor: Sutrimo