Kabar Baik Kelanjutan Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau

Tol Bengkulu Linggau

Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Foto: Dok

Interaktif News – Kabar tak menentu tentang kelanjutan pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau dijawab Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang memastikan pembangunan jalan tersebut akan dilanjutkan. Kelanjutan pembangunan Seksi II dan III Tol Bengkulu-Lubuk Linggau sudah tertuang dan Kepres.

"Pembangunan jalan tol Kepresnya sudah keluar bahwa itu dilanjutkan tapi sekarang agenda pemilu 2024 jadi semua program starategis nasional agak sedikit terpending tapi Kepres akhir 2023 diteruskan” kata Gubernur Rohidin usai meresmikan Two-K Azana Style Hotel, Sabtu, (20/01/2024).

Pernyataan kelanjutan pembangunan jalan tol ini sudah berkali-kali disampaikan Gubernur Rohidin namun masyarakat masih bertanya-tanya lantaran belum nampak tanda-tanda mega proyek itu bakal dilanjutkan. 

Seperti diketahui Tol Bengkulu Bengkulu- Lubuk Linggau merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Tol ini akan menjadi jalur tengah alternatif yang akan menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatra Selatan. 

Pembangunan sebelumnya direncanakan secara bertahap Seksi 1 (Bengkulu-Taba Penanjung) Seksi 2 (Taba Penanjung-Curup) dan Seksi 3 (Curup-Lubuk Linggau) dengan total panjang 95,8 Km. Jalan Tol ini memiliki biaya investasi sebesar Rp 33,12 T dan masa konsesi selama 40 tahun.

Saat ini proyek tersebut baru rampung Seksi 1 (Kota Bengkulu-Taba Penanjung) dengan panjang 17,6 Km. Tol ini telah resmi beroperasi sejak tahun 2023 lalu. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

Editor: Irfan Arief