Usin Ajak Pelajar Kota Bengkulu Lawan Hoaks dengan Data

DPRD Provinsi Bengkulu

Interaktif News - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring menghadiri dan sekaligus menjadi salah satu pemateri Sosialisasi dan Deklarasi Pelajar Anti Hoaks se-Kota Bengkulu yang digelar Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Kamis, 23 November 2023.

Pada kesempatan itu, Usin mengajak para pelajar memerangi hoaks tapi dengan tetap santun dan harus berbasis data.

"Jika ada yang terpapar hoaks, beritahu mereka, sampaikan dan jelaskan secara santun, bijak, lembut, dan biasakan dengan contoh dan data agar mereka juga bisa memahami apa tujuan yang kita sampaikan, termasuk dengan ciri ciri hoaks," ujar Usin.

Kegiatan ini sendiri turut dihadiri Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang diikuti 500 pelajar SMA/SMK. Adapun poin Deklarasi Pelajar Anti Hoaks adalah:

Kamis Siswa Menengah se-Kota Bengkulu:

1. Menolak penyebaran kabar bohong atau hoaks yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antara sesama
2. Kami anti SARA, anti fitnah, anti membully, dan anti ujaran kebencian oleh karena itu kami menolak dan tidak akan membuat serta penyebaran berita hoaks.
3. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, terkhusus keluarga, teman, lingkungan kami, untuk memanfaatkan media sosial, informasi secara positif, produktif, cerdas, dan melakukan saring sebelum sharing
4. Kami cinta damai dan NKRI harga mati [Adv]