Telkom Dukung Pemkot Kembangkan Smart City

Telkom Dukung Pemkot Kembangkan Smart City

Kota Bengkulu, BI – Baru-baru ini, PT Telkom menerima kunjungan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dalam rangka melakukan Benchmark dan Tour ke Living Lab Smart City Nusantara milik PT Telkom di Jakarta. Melalui kunjungan tersebut diharapkan Pemerintah Kota Bengkulu akan mendapatkan informasi lebih mengenai Smart City Nusantara dan persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk implementasinya.

"Smart City adalah suatu keharusan kota/kabupaten untuk memanfaatkan perkembangan dunia digital yang sangat pesat untuk mencapai suatu kota yang memberi kenyamanan untuk masyarakat, layanan secara profesional dan transparan dalam pengembangan kota yang berkelanjutan. Platform smart city nusantara siap membantu Pemerintah Kota Bengkulu mengembangkan smart city," kata Senior Manager Smart City Development Telkom Wahyudi, Jum’at (10/8/2018)

Living Lab Smart City Nusantara sendiri merupakan fasilitas yang dibangun oleh PT Telkom untuk memberikan guidance dan know-how kepada stakeholder Smart City khususnya Pemerintah Daerah mengenai pemahaman tentang implementasi Smart City.

Pemerintah Daerah dapat melihat dan mencoba solusi Smart City Nusantara yang dimiliki oleh Telkom Group serta berdiskusi perihal implementasi Smart City. Living Lab Smart City Nusantara terletak di Jl. Gunung Sahari Raya No 53, Jakarta Pusat.

Wakil Walikota Bengkulu Benchmark dan Tour di empat zona yaitu Zona Government, Zona Industry, Zona Citizen dan Zona Infrastructure, dimana setiap zona dilakukan demo dan penjelasan atas solusi Smart City Nusantara antara lain e-Kelurahan, e-Office, e-Puskesmas, Kios Pintar, e-Pelaporan, Hi City, Smart PJU dan lain sebagainya. 

Dikatakannya, Kota Bengkulu memiliki kesadaran pengembangan smart city dengan memulai Konsep Menuju Bengkulu Smart City yang diusung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan sejak tahun 2016 silam. Kota Bengkulu merupakan kota terbesar kedua di Pantai Barat Pulau Sumatera setelah Kota Padang. Ibu Kota Provinsi Bengkulu ini memilki 9 Kecamatan dan 67 Kelurahan dengan jumlah penduduka mencapai 351.300 jiwa.

Kota Bengkulu memiliki sebuah taman yang diberi nama Taman Smart City yang terletak di Simpang Lima Kota Bengkulu. Taman Smart City adalah taman bergaya modern pertama di Bengkulu yang memberikan akses Wifi kepada warga kota.

Saat ini Living lab Smart City Nusantara milik Telkom memiliki 57 solusi yang siap disimulasikan pada setiap kunjungan. 

"Living Lab Smart City Nusantara pada dasarnya merupakan sebuah fasilitas yang dibangun sebagai ruang informasi dan diskusi terbuka bagi seluruh stakeholder Smart City. Dimana semua pihak yang terkait dapat berkunjung untuk mendapatkan informasi dan guidance dalam proses pengembangan dan implementasi Smart City Nusantara di daerah atau intansi masing-masing," Tutup Wahyudi

Sumber : IndoTelko
Editor : Riki Susanto