Tahap Awal Pembangunan PPN di Seluma Rampung Akhir Tahun

Syafriandi

Kadis DKP Provinsi Bengkulu Syafriandi saat mendampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam kegiatan penyerahan bantuan alat tangkap ikan dan mesin kapal kepada KUB nelayan di Kantor DKP Provinsi Bengkulu, Foto: Dok 

Interaktif News – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Syafriandi mengatakan tahap awal pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Seluma ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023.

"Pembangunan Pelabuhan Nusantara ini Alhamdulillah sudah mencapai 60 persen. Padahal target awal per hari ini ditargetkan 50 persen, tetapi justru melebihi 10 persen pengerjaan artinya itu bisa selesai pada akhir tahun ini," kata Syafriandi, Kamis (12/09/2023).

Syafriandi menjelaskan berdasarkan hasil ketetapan pihak kementerian, anggaran untuk awal pengerjaan digelontorkan sekitar Rp45 miliar. Angka itu untuk menunjang pembangunan pelabuhan nelayan yang representatif.

“Jadi anggaran pembangunan infrastruktur untuk tahun ini sekitar Rp15 miliar dengan rincian proyek pelebaran pintu masuk dermaga dan perluasan kolam. Kemudian tahun depan akan dibutuhkan anggaran yang lebih besar yakni Rp30 miliar,” ujarnya.

Selain berupaya menambah stok hasil komoditas ikan laut, Pemprov Bengkulu melalui DKP Provinsi Bengkulu baru-baru ini memberikan bantuan alat tangkap ikan dan mesin kapal untuk nelayan se-Provinsi Bengkulu demi meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Bengkulu.

“Pemerintah Provinsi Bengkulu akan terus berupaya mendorong kesejahteraan nelayan di Bengkulu salah satunya seperti kemarin kita telah memberikan bantuan mesin kapal dan peralatan tangkap ikan kepada KUB nelayan se Provinsi Bengkulu,” demikian Syafriandi.

Editor: Alfridho Ade Permana