Susi Marleny Bachsin Bersama Bank Indonesia Sosialisasikan QRIS di Rejang Lebong

Susi Marleny Bachsin

Pemateri dari Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu saat menyampaikan edukasi seputar QRIS. Foto/Dok 

Interaktif News – Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra Susi Marleny Bachsin, SE, MM bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada masyarakat dan para pedagang, kali ini dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Rabu (7/11/2022) kemarin.

Sosialisasi edukasi yang dihadiri ratusan masyarakat dari berbagai desa di wilayah tersebut, di isi oleh pemateri dari Bank Indonesia perwakilan Bengkulu Ayudiah dan Apri Jhonson, Ketua DPC Gerindra Rejang Lebong H.Juhendra mewakili Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin, dan Ketua DPW JPKP provinsi Bengkulu Amran
sebagai pelaksana kegiatan.

Disampaikan Ayudiah, bahwa Quick Response Code Indonesian Standard adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code, sehingga membuat transaksi digital menggunakan QR code menjadi lebih cepat, aman dan mudah.

“Di zaman serba digital saat ini, masyarakat harus paham dalam menggunakan metode pembayaran dan bertransaksi menggunakan kode QR,” kata Ayudiah.

Ayudiah mengatakan, QR yang disediakan Bank Indonesia lebih praktis dan lebih aman saat digunakan bertransaksi dari seluruh dompet elektronik yang kini mulai berkembang di kalangan masyarakat provinsi Bengkulu.

“Secara garis besar sosialisasi Qris memang kita lakukan secara nasional, untuk di provinsi Bengkulu sendiri setiap kabupaten sudah kita lakukan, mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat lebih nyaman dan tenang saat bertransaksi dengan cara non tunai,” ujarnya. 

Lanjut Ayudiah, pembayaran menggunakan metode QR Code ini agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Dengan QRIS jelas Audiah, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

“Qris hadir di tengah masyarakat dan pelaku UMKM sebagai media pembayaran yang bisa digunakan ke berbagai aplikasi, seperti Ovo, Dana, yang kini terus berkembang di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Juhendra yang mewakili Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah hadir dalam sosialisasi, sekaligus menyampaikan permohonan maaf  kerena Susi Marleny Bachsin belum dapat hadir.

"Kami mewakili Ibu Susi Marleny Bachsin mengucapkan terimakasih atas kehadiran masyarakat dalam kegiatan ini, dan sekaligus minitip salam rindu serta pemohonan maaf, karena beliau belum dapat hadir ditempat ini," kata Juhendra.

Dirinya berharap dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi QRIS ini masyarakat dapat lebih cerdas dan gampang dalam proses transaksi non tunai.

“Kami sebagai mitra dari BI sangat mengapresiasi atas edukasi yang telah diberikan ke masyarakat secara langsung, apalagi dengan hadirnya Qris dapat membantu serta memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non tunai,” tandasnya. 

Reporter: Iman SP Noya