Sekretaris DKP Provinsi Bengkulu Hadiri Raker RZWP3K dan RTRW di Bali

dkp

Raker teknis nasional dalam rangka Integrasi Materi Teknis Periran Pesisir RZWP3K dan RTRW di Provinsi Bali, Rabu, 11 Oktober 2023, Foto: Dok

Interaktif News – Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Jais Effendi menghadiri rapat kerja teknis nasional dalam rangka Integrasi Materi Teknis Periran Pesisir RZWP3K dan RTRW di Provinsi Bali.

Kegiatan raker berlangsung selama dua hari mulai 11 hingga 13 Oktober dan diikuti seluruh Dinas Kelautan dan Perikanan se-Indonesia, perwakilan pemerintah pusat dan komunitas lokal lainnya.

RZWP3K dan RTRW Provinsi bertujuan untuk memfasilitasi koordinasi dan kolaborasi antara berbagai pihak terkait dalam rangka mengintegrasikan materi teknis terkait perairan pesisir dalam Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi. 

Jais Effendi mengatakan pembahasan RZWP3K dan RTRW Provinsi guna mengidentifikasi kesenjangan dan potensi konflik antara kedua rencana tersebut. Langkah-langkah konkret dibahas untuk mengintegrasikan materi teknis perairan pesisir dalam RZWP3K ke dalam RTRW Provinsi.

“Raker ini dalam rangka meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam pengembangan kebijakan terkait perairan pesisir. Sehingga mencapai konsistensi antara RZWP3K dan RTRW Provinsi untuk mendukung pengelolaan perairan pesisir yang berkelanjutan,” kata Jais.

Selain itu, kata Jais, integrasi antara RZWP3K dan RTRW Provinsi adalah langkah kunci dalam mendukung pengelolaan yang bijak dari sumber daya perairan pesisir dan lingkungan sekitarnya.

“Kegiatan raker menghadirkan ahli dan peneliti yang berkompeten dalam bidang perairan pesisir dan perencanaan wilayah. Sehingga dari kegiatan ini akan menjadi pengetahuan dan wawasan bidang perairan pesisir,” tuturnya.

Reporter: Irfan Arief