Rawan Politik Uang, Bawaslu Seluma Perketat Pengawasan Saat Masa Tenang

Bawaslu Seluma

Apel Siaga Bawaslu Seluma, Minggu, 11 Februarai 2024, Foto: BI/Deni Aliansyah Putra

Interaktif News - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma menggelar apel siaga patroli pengawasan masa tenang, pada Minggu pagi (11/2/2024). Apel Siaga diikuti Disperkimhub, KPU, Satpol PP, Damkar dan TNI/Polri serta Panwas Kecamatan terpusat di taman wisata kota Simpang 6 Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma. 

Ketua Bawaslu Seluma Gandi Inda Jaya mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada setiap parpol dan caleg untuk tidak berkampanye serta bakal bertindak tegas terhadap politik uang.

"Terkait himbauan pada masa tenang sudah dilayangkan ke parpol dan caleg agar kegiatan berkampanye dan politik uang bakal ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku," sampai Ketua Bawaslu, Gandi Indra Jaya saat Apel Siaga.

Pengawasan bakal terus diperketat lanjut Gandi, terkhusus dalam penertiban alat peraga kampanye yang masih tetap terpasang di wilayah Kabupaten Seluma. 

"Apel siaga ini untuk memantapkan pengawasan, khususnya di masa tenang ini. Kita akan lakukan patroli untuk memantau dan melakukan pengawasan yang salah satunya soal alat peraga kampanye" kata dia. 

Lebih lanjut Gandi menegaskan, dimulai hari ini tanggal 11 Februari maka tidak ada lagi kegiatan sosialisasi atau kampanye yang dilakukan peserta pemilu termasuk dalam bentuk alat peraga maupun lainnya. 

"Patroli dimulai besok guna memastikan ada atau tidak pelanggaran pemilu di masa tenang ini. Kita harus awasi, Pantau, awasi, cegah dan tindak semua bentuk pelanggaran yang terjadi," tegas Gandi.

Besok, Senin, (12/2/2024) lanjut Gandi, semua wilayah akan di sisir untuk memastikan semua wilayah aman dan bersih dari semua APK peserta Pemilu. Terkhususnya bagi Pengawas Kecamatan (Panwascam) agar bisa intens dalam pengawasan, jangan ada kegiatan yang berbau politik. 

"Masa tenang ini sangat rawan, jadi perketat pengawasan. Awasi semua kegiatan masyarakat, pastikan tidak ada kegiatan politik jelang hari H pencoblosan ini," demikian pesan dari Ketua Bawaslu Seluma, Gandi Idra Jaya.

Reporter: Deni Aliansyah Putra