Rapat Gabungan Komisi, DPRD Kepahiang Dorong Penyelesaian Temuan BPK RI

DPRD Kepahiang

Rapat gabungan komisi DPRD Kepahiang bahasa temuan BPK TA 2020, Senin, 31 Mei 2021, Foto: Dok

Interaktif News - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepahiang mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Tim Tindak Lanjut LHP BPK RI untuk segera menyelesaikan catatan dan temuan serta rekomendasi BKP RI Perwakilan Provinsi Bengkulu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten kepahiang Tahun Anggaran 2020. 

Hal ini disampaikan dalam rapat gabungan komisi pembahasan tindak lanjut LHP BKP RI yang dilaksanakan di ruang rapat Banggar DPRD Kabupaten Kepahiang. Turut hadir Tim Tindak Lanjut yang dikoordinir Inspektorat Daerah dan dihadiri OPD yang mendapatkan catatan dan temuan dari BPK, Senin, (31/05/2021).

Ketua DPRD Kepahiang, Windra Purnawan meminta masing-masing pimpinan OPD yang mendapatkan catatan dan temuan segera melaksanakan penyelesaian sebelum tanggal 2 Juli 2021.Permintaan itu didasarkan pada Permendagri 13 Tahun 2010 tentang pelaksanaan fungsi Pengawasan DPRD.

“Kami selalu mendukung agar pemda tetap mempertahankan opini WTP dan hasil keputusan rapat tadi akan kita sampaikan kepada saudara Bupati Kepahiang dalam rapat Paripurna DPRD" kata Windra Purnawan.

Lebih lanjut dikatakan Windra, dalam rapat masing-masing pimpinan dan anggota komisi sudah mendapatkan kejelasan atas catatan dan temuan BPK di beberapa OPD. Mereka juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran dan masukan.

Koordinator Tim Tindak Lanjut LHP BPK RI yang juga Asisten Administrasi Umum Setda Pemkab Kepahiang dan merangkap Plt Inspektur Inspektorat, Hairah Aryani,M.Pd mengatakan, kepedulian DPRD dalam mendorong penyelesaian temuan BPK di beberapa OPD patut diparesiasi.  Belum lagi waktu penyelesaian yang sudah dekat. 

"Dengan dukungan dari DPRD berupa saran dan masukan yang disampaikan dalam rapat gabungan komisi tadi saya sangat yakin dan percaya bahwa catatan dan temuan dapat tertagih dan terselesaikan dengan baik dan lancar serta tepat waktu" kata Hairah Aryani

Rapat gabungan komisi dipimpin langsung Ketua DPRD Windra Purnawan,SP didampingi Wakil Ketua 1 Andrian Defandra,M.Si, dan Wakil Ketua II Drs.M.Thobari Muad,SH. Turut hadir Ketua Komisi 1, Ansori M dengan anggota Anudin,S.Sos, Budi Hartono, dan Nyimas Tika Herawati. Ketua Komisi II Bambang Asnadi dengan anggota Nanto Usni, Eko Guntoro, SH, dan RM. Johanda, S.Pd. Ketua Komisi III Abdul Haris,SE dengan anggota Candra, Hendri,A.Md, Okta Sinopa,S.IP, Hj Dwi Pratiwi, Wansah, dan Hamdan Sanusi,S.Sos.

Sementara dari Pemkab Kepahiang, hadir kepala BKD Damsi,S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Hartono,M.Pd, Plt.Kepala Dinas Sosial Julian MP, Kepala Dinas Kesehatan Tajri Fauzan,M.Kes, Kadis PUPR Rudi Sihaloho,ST,  Kadis Parpora Tedi Adeba, dan Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Rukismanto,S.PKp. 

Reporter: Rabiul Awal
Editor: Iman SP Noya