Petani Asal Mukomuko Sambut Baik Ajakan Budidaya Porang di Bengkulu

Porang

Jarwoto, petani asal Desa Tanjung Jaya, Mukomuko saat menunjukan tanaman Porang miliknya di Nganjuk, Jawa Timur, Foto/Dok Pribadi

Interaktif News - Jarwoto, seorang petani berasal dari Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko sambut baik ajakan budidaya Porang di Bengkulu yang baru-baru ini disampaikan pengusaha muda asal Bengkulu Yogi Peramadani.  Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang akrab disapa Bung Yogi 

Jarwoto g saat ini sudah menanam Porang di lahan seluas 4 Hektar di Nganjuk, Jawa Timur. Ia sengaja merantau ke tanah kelahirannya itu dengan satu niat menanam Porang yang saat ini sedang menjadi trend budidaya pertanian alternatif yang sangat menjanjikan. 

“Jujur Saya sangat antusias dengan tanaman porang ini, melihat prospeknya yang sangat maju di sini (Nganjuk Jawa Timur), dasar itu saya berani merantau kesini dan selama di Jawa saya bayak sekali dihubungi kawan-kawan dari Bengkulu untuk masalah budi daya porang dan sekarang ada pengusaha Bengkulu yang peduli” kata Jarwoto, dikutip worpers.id, Minggu, (29/05/2021)

Jarwoto sebagai petani yang sudah membuktikan keberhasilan bertani Porang  berharap segera didirikan pabrik di bengkulu sehingga bisa mengembangkan budidaya Porang seperti yang tekuni saat ini. Lahan dan iklim di Bengkulu kata Jarwoto sangat cocok untuk budidaya Porang, belum lagi lahan yang masih tersedia luas. 

“Jadi  kalau sudah ada yang peduli adanya tanaman Porang ini dan pabriknya sudah ada, sekarang tidak susah lagi untuk cari bibit dan pemasarannya. Apa lagi di daerah saya di Ipuh masih bayak lahan yang bisa diolah untuk ditanami porang, tidak seperti di jawa. Suatu saat saya akan pulang untuk kembangkan porang di sana” kata dia berharap.

Bung Yogi turut menimpali harapan dari petani Jarwoto, sebagai pengusaha muda yang menginisiasi budidaya Porang di Bengkulu Yogi berharap Jarwoto bisa membantunya mensosialisasikan Porang di Bengkulu. Terkait pabrik, Bung Yogi menjamin akan mendirikan di Bengkulu. 

“Kami sudah punya perusahaan pengelolaan Porang yang beroperasi di Purwokerto Jawa Timur, PT. Serayu Agro Processing . Perusahaan kami melayani pengolahan chips porang di Purwokerto. Kami juga akan segera mendirikan di Bengkulu jika petani sudah banyak tanam porang” kata politisi muda ini. 

Selain memiliki pabrik pengolahan porang, Bung Yogi dan tim juga sudah memiliki perusahaan penyedia bibit porang, perusahaan penyedia mesin pengolahan chips porang dan juga lembaga pendampingan atau konsultan budidaya porang.

“Jadi petani tidak perlu takut tanam porang, karena ekosistem bisnisnya sudah lengkap dari hulu hingga hillirnya. Perusahaan kami juga siap menerbitkan PO untuk menjamin pasar hasil panen petani, baik porang basa maupun chips” kata dia.

Selain dukungan dari petani, Bung Yogi juga berharap dukungan pemerintah daerah sehingga bisa menjadi solusi kebangkitan ekonomi Bengkulu dan meningkatkan kesejahteraan petani. “Kami sangat siap bila bila diminta untuk presentasi tentang Porang atau siapa saja yang ingin belajar langsung ke pabrik kami, kami siap fasilitasi” kata dia [***]

Editor: Alfridho Ade Permana