Penelitian Objek Cagar Budaya Gerincing di Seluma Bakal Segera Rampung

erwin octavian

Bupati Seluma Erwin Octavian saat berkunjung ke kawasan Gerincing, Senin, 02 Oktober 2023, Foto: Dok

Interaktif News - Penelitian objek dugaan situs cagar budaya pada kawasan Gerincing di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2023.

Dinas Pendidikan Seluma melalui Kabid Kebudayaan Yanda mengatakan, situs objek dugaan cagar budaya (ODCB) kawasan gerincing saat ini masih dilakukan penelitian lebih lanjut bersama Ahli Arkeolog beserta beberapa pihak Tim situs cagar Budaya.

"Kami sekarang bersama Tim Ahli masih melakukan kajian bersama terkait situs kawasan gerincing yang kemungkinan akhir tahun 2023 ini penelitian bisa selesai," kata Yanda, Senin (2/10/2023).

Kalau situs gerincing memang memenuhi kriteria cagar budaya lanjut Yanda, selanjutnya hasil itu secepatnya akan disampaikan secara langsung ke Bupati untuk menyetujui kawasan itu dijadikan sebagai situs Cagar Budaya.

"Situs gerincing ini masih penelitian, tapi yang kita harapkan hasilnya nanti akan memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai cagar budaya sehingga kedepannya pemerintah daerah bisa hadir dalam pemeliharaan situs gerincing ini," ungkap Yanda.

Lebih lanjut Yanda, situs gerincing ini bisa disebut sebuah peninggalan sejarah megalitikum sebab di kawasan gerincing mempunyai objek makna tersendiri. Hal itu yang menguatkan situs gerincing bisa dijadikan kawasan cagar budaya di Seluma.

"Kawasan gerincing ini memang banyak objek yang mempunyai makna ataupun sejarah tersendiri, objek yang dimaksud itu seperti tempat persidangan masyarakat Adat dulu serta ada juga tempat ritual ," ujar Yanda.

Selain berpotensi jadi agar cagar budaya kata Yanda, situs gerincing bisa menjadi wisata sejarah di Kabupaten Seluma sebab banyak sekali orang luar daerah bahkan dari Provinsi yang berkunjung ke kawasan tersebut.

"Tidak cuman berpotensi jadi cagar budaya saja namun situs gerincing ini juga dapat menjadi wisata sejarah di Kabupaten karena  banyak masyarakat dari daerah bahkan luar provinsi ini berkunjung ke tempat itu lantaran kawasan gerincing sudah dianggap sangat sakral," pungkas Yanda.

Reporter: Deni Aliansyah Putra