Pemprov Bengkulu Siap Jadikan Gebyar Islami Event Tahunan

Gebyar Islami Bengkulu

Gebyar Islami Bengkulu dalam rangka HUT ke-54 Provinsi Bengkulu Tahun 2022, di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu. Selasa, 15 November 2022. Foto/Dok

Interaktif News - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu siap menjadikan Gebyar Islami menjadi event tahunan. Event yang dipadukan dengan berbagai kegiatan UMKM, pendidikan dan kesenian ini akan membangkitkan sektor ekonomi masyarakat Bumi Rafflesia melalui syiar agama Islam pasca terjangan pandemi COVID-19 selama 2 tahun lebih. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai membuka Gebyar Islami Bengkulu dalam Rangka HUT ke-54 Provinsi Bengkulu Tahun 2022, di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu, Selasa (15/11). 

"Jadi Masjid Raya Baitul Izzah kita jadikan sebagai point center pusat kegiatan Islam Bengkulu. Ada keterpaduan dari sisi seni, ekonomi, pendidikan tentu sekaligus hiburan. Sehingga orang akan melihat tidak hanya kajian-kajian keislaman saja, tapi sektor lain juga digerakkan," ujar Gubernur Rohidin. 

Selama ini, lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, semua kegiatan bernuansa Islam sudah bagus berjalan di setiap kabupaten/kota. Namun kemudian dengan even tahunan islami ini, akan dihimpun dalam bentuk festival yang dipusatkan di Masjid Raya Baitul Izzah. 

"Sehingga nanti pada hari puncaknya, UMKM semua bergerak karena dilaksanakan kegiatan besar seperti dzikir akbar atau hiburan dengan mendatangkan artis religi atau kesenian nasyid terkenal lainnya. Dan tentu saya minta melalui pengurus Masjid Raya Baitul Izzah juga melibatkan seluruh kabupaten/kota untuk meramaikan bazar dan lomba yang dilaksanakan," imbuhnya. 

Sebagai starting point atau mengawali event tahunan Islami tersebut, maka Pemprov Bengkulu bekerjasama dengan Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu, melaksanakan Gebyar Islami Bengkulu 2022, yang akan dilaksanakan mulai 15 hingga 18 November 2022, di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu. 

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Gebyar Islami Bengkulu ini, mulai dari Kajian Akhwat, Kajian Keluarga, Talkshow Ekonomi Syariah, Konser Musik Religi, Tabligh Akbar, berbagai perlombaan, pameran serta Bazar UMKM dan BUMN. 

Tabligh Akbar menghadirkan Ustad Das'at Latif yang akan dilaksanakan pada 18 November 2022, bada Dzuhur hingga pukul 15.00 WIB di masjid Baitul Izzah. Kemudian Rakor LPTQ dilaksanakan pada 14 November 2022 dengan mengundang Prof. Syaid Aqil Munnawar. 

Ketua Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu Dani Hamdani menyambut baik dan mendukung rencana besar Gubernur Bengkulu bersama jajaran Pemprov Bengkulu, melaksanakan festival Islami tahunan tersebut. 

Menurutnya, dengan dipatenkannya kegiatan yang diawali dengan Gebyar Islami Bengkulu 2022 ini, dirinya meyakini ekonomi Bengkulu akan bangkit dan masyarakat akan semakin sejahtera. 

"Jadi mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan disiapkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa lebih besar dan meriah lagi," kata Dani. 

Terlihat seluruh elemen masyarakat, Forkopimda Provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, instansi vertikal, para pelaku usaha, perbankan dan UMKM diundang turut meramaikan kegiatan bernuansa Islami ini.

Editor: Alfridho Ade Permana