Pemkab Seluma akan Terbitkan Buku Sejarah Daerah

Sejarah Seluma

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kabupaten Seluma Marhakidinata saat diwawancara. Sabtu, 29 Oktober 2022. Foto/Dok: Deni Putra

Interaktif News - Pemerintah kabupaten Seluma tahun depan mencanangkan akan menggali sejarah di setiap Desa, Kelurahan dan Kecamatan se-kabupaten seluma yang rencananya akan di tuliskan dan dijadikan produk yang berbentuk buku.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kabupaten Seluma Marhakidinata mengatakan, sesuai dengan program Bupati Seluma Erwin Oktavian yakni Seluma Berbudaya, pihaknya akan membuat produk buku Sejarah Daerah, Desa, Kelurahan dan kecamatan se-Kabupaten Seluma.

"Beberapa waktu lalu pak Bupati telah menyampaikan bahwasanya setiap desa, kelurahan dan kecamatan untuk melakukan penelusuran sejarah di setiap wilayahnya, yang nanti akan di tuliskan di dalam buku perjalanan sejarah daerah dari desa, kelurahan dan kecamatan itu sendiri," ujarnya, Sabtu (29/10).

Lanjutnya, sebagai Dinas yang di tunjuk untuk mengkoordinir pembuatan buku sejarah ini, pihaknya satu minggu yang lalu telah melakukan rapat tingkat kabupaten yang dihadiri oleh seluruh camat dari 14 kecamatan dan telah ditindaklanjuti.

"Alhamdulillah 14 kecamatan ini telah melakukan rapat dengan kepala Desa, tokoh masyarakat dan pemuda yang nantinya semua itu akan terlibat dalam pembuatan buku sejarah," sambungnya.

Ia menambahkan, setelah desa dan kecamatan ataupun kelurahan telah selesai membuat buku sejarah tersebut, tahapan kedepan nantinya akan diseleksi dan dipilih yang terbaik.

"Kedepannya nanti akan kita lihat dulu yang mana terbaik dan itu akan dicetak dan diterbitkan sebanyak 3 copy, yakni satu untuk desa dan kabupaten, kemudian kita kirimkan satu lagi ke perpustakaan nasional," kata dia.

Marhakidinata menjelaskan, dalam target cetak buku keseluruhan dari desa kelurahan dan kecamatan itu sebanyak 216 buku yang akan dicetak, minimal lima rangkap di setiap Desa.

"Target disetiap desa dan kecamatan kelurahan ini bisa ada sejarah yang di angkat dan dijadikan buku sehingga itu nanti akan kami cetak 5 rangkap di setiap desa untuk di letakan ke perpustakaan desa," jelasnya.

Lebih lanjut Marhakidinata menyampaikan, tujuan utama Bupati Erwin membuat program buku sejarah desa kecamatan dan kelurahan tersebut adalah supaya generasi muda tidak akan lupa akan sejarah.

Ia juga yakin dengan ada buku sejarah tersebut ini nanti akan menggali potensi budaya ataupun mengetahui sejarah keluarga dan itupun akan mempermudah untuk menjalin silaturahmi yang selama ini terputus lantaran banyak tidak tahu asal usul ataupun sejarah.

"Tujuan Bupati Seluma ini tidak lain adalah supaya generasi muda kita sekarang tidak akan lupa akan sejarah, kemudian juga di dalam program buku sejarah ini akan juga memuat potensi budaya sejarah dan peninggalan sejarah desa dan setiap kecamatan tersebut, sehingga dengan itu dapat juga mempererat jalinan silaturahmi kita bersama," pungkasnya.

Reporter: Deni Putra Aliansyah
Editor: Alfridho Ade Permana