Pelantikan IKA SeMaKu Akan Tampilkan 30 Produk UMKM

IKA Semaku

Undang Sumbaga, Wakil Ketua Bidang Perekonomian dan UMKM, IKA SeMaKu, Foto: Dok

Interaktif News - Jelang pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Seluma Manna Kaur (IKA SeMaKu) periode 2021-2025, panitia mengkonfirmasi bakal menampilkan produk UMKM di pelataran parkir Gedung Daerah tempat acara pelantikan akan digelar. 30 produk UMKM direncanakan ikut ambil bagian.

Wakil Ketua Bidang Perekonomian dan UMKM IKA SeMaKu, Undang Sumbaga mengatakan, UMKM yang akan tampil merupakan produk yang berbasis kedaerahan. Mulai dari kuliner, kerajinan hingga pameran benda-benda pusaka daerah. "Akan banyak yang tampil dari Seluma ada Tenun Bumpak, Kue Cucur, dari Kaur ada olahan Gurita, Kopi Tutuk Lesung, temasuk Lemang Tapai, Juada Keghas, dan Pendap dari Bengkulu Selatan," kata Undang

Tampilnya produk UMKM di acara pelantikan merupakan bentuk komitmen IKA SeMaKu untuk turut memberdayakan perekonomian masyarakat. Yang mana pembinaan UMKM merupakan bagian dari tujuan didirikannya IKA SeMaKu. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan IKA SeMaKu yang ingin menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam menjalankan roda pembangunan. 

Undang selaku pengurus yang membidangi akan mengkolaborasikan kegiatan IKA SeMaKu dengan berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah. Termasuk kemitraan dengan organisasi HIPMI yang saat ini Ia pimpin.

"IKA SeMaKu didirikan dengan tujuan yang sangat luas, bukan hanya sebagai wadah menjalin silahturahmi tapi lebih dari itu. Ikut serta dalam pembangunan, perekonomian, kebudayaan, pemuda mahasiswa termasuk sosial kemasyarakatan," kata Undang. 

Ia berharap dengan tampilnya produk UMKM di arena pelantikan sektor perekonomian masyarakat terutama yang bergerak pada skala mikro dapat terbantu. "Pandemi Covid masih menjadi masalah utama kita, hampir seluruh sektor ikut terdampak termasuk teman-teman dari UMKM. Kami berharap mereka terbantu dengan tampil di acara pelantikan nanti," pungkas Undang.

Pengurus IKA SeMaKu rencananya dilantik langsung Ketua Dewan Pembina yang juga Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Pelantikan akan digelar Sabtu, 20 Februari 2022. Prosesi pelantikan tetap prokes dan selalu mengikuti arahan Satgas Covid.

Editor: Alfridho Ade Permana