Masyarakat Benteng Terima Tabung Gas LPG 3 Kg dan KBS dari Gubernur

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Pj. Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni bersama perwakilan masyarakat Bengkulu Tengah usai acara pembagian. Senin, 5 Desember 2022. Foto/Dok

Interaktif News - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membagikan sejumlah tabung gas LPG 3 Kg gratis untuk masyarakat Bengkulu Tengah (Benteng) yang kurang mampu.

Bukan hanya tabung gas LPG 3Kg, Gubernur Rohidin juga menyerahkan secara simbolis sebanyak 2151 Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS), 100 Oxygen Concentrator, bertempat di Puskesmas Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (5/12/2022).

Pada kegiatan ini juga digelar Pelayananan Kesehatan Gratis & Vaksinasi Booster bagi Lansia.

Salah satu penerima bantuan tabung Gas LPG 3KG Nurhalimah menuturkan bahwa bantuan tabung gas LPG 3kg ini sangat dirasa manfaatnya bagi masyarakat, terlebih juga mendapatkan kartu jaminan kesehatan BPJS dari Gubernur Rohidin.

"Senang, kami dari masyarakat miskin bisa mendapatkan bantuan tabung gas seperti itu, termasuk dapat BPJS itu yang masyarakat butuhkan," tutur Nurhalimah.

Selain itu salah satu penerima Kartu Jaminan Kesehatan BPJS Nurbaiti Lubis, mengungkapkan kini ia memiliki Kartu Jaminan Kesehatan BPJS setelah selama ini belum memilikinya. 

"Ya terbantu juga dengan kartu JKN KIS, karena kita kan masyarakat miskin, kalau bisa harga - harga juga murah," harap Nurbaiti Lubis.

Sementara itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa Provinsi Bengkulu telah ditetapkan sebagai Provinsi dengan universal health coverage. Yaitu jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat se provinsi Bengkulu.

"Maka seluruh warga Bengkulu tanpa terkecuali walaupun belum mempunyai kartu BPJS atau BPJS-nya selama ini mati karena menunggak iuran. Semuanya bisa di aktifkan dan hari itu juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, di semua unit pelayanan kesehatan termasuk rujukan," jelas Gubernur Rohidin.

Pj. Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kepada Kabupaten Bengkulu Tengah, baik bantuan tabung gas 3kg, kartu JKN KIS, serta Oxygen Concentrator kepada unit - unit kesehatan di kabupaten Bengkulu Tengah.

"Kami berterima kasih dengan adanya bantuan ini, khususnya bantuan Oxygen Concentrator di mana saat ini memang dibutuhkan masyarakat, karena kasus infeksi saluran pernapasan mulai meningkat," terang Pj. Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni.

Untuk diketahui, bahwa pembagian 1.000 tabung gas LPG 3 Kg gratis kepada masyarakat provinsi Bengkulu dan Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) yang tercacat sebagai keluarga kurang mampu ini, merupakan 2 (dua) dari 18 program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Untuk tabung gas LPG 3 Kg, tiap-tiap kabupaten mendapatkan 100 tabung untuk tahun 2022.

Editor: Alfridho Ade Permana