Komisi IV Bersama Dikbud Evaluasi PPDB di SMAN 3 Kepahiang

DPRD Provinsi Bengkulu

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.IP, MM saat rapat bersama Dikbud dan Dewan Guru SMK Negeri 3 Kepahiang terkait pelaksanaan PPDB. Foto/Dok

Interaktif News - Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu menyambangi SMAN 3 Kepahiang, Rabu (3/8/2022).

Kedatangan Komisi IV dan Dikbud Bengkulu ke SMAN 3 Kepahiang ini, bertujuan untuk mengevaluasi tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023.

Sebab tidak hanya di Kabupaten Kepahiang saja, SMAN 3 Kepahiang yang hanya mendapatkan 4 peserta didik baru, membuat sekolah ini menjadi salah satu sekolah dengan jumlah peminat terendah dalam PPDB tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.IP, MM mengatakan kunjungan dirinya bersama jajaran Dikbud Provinsi Bengkulu, bertujuan memantau kondisi SMAN 3 Kepahiang yang hanya mendapatkan 4 siswa baru. 

Hasilnya, Edwar mengungkapkan kalau sekolah yang berlokasi di Kecamatan Ujan Mas ini, sangat layak dan dipastikan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah favorit lainnya yang ada di Kabupaten Kepahiang.
Sehingga dirinya menilai jika PPDB dengan sistem zonasi di Kabupaten Kepahiang dinilai masih tidak berjalan dengan efektif.

“Karena sekolah ini sebetulnya layak dan mampu untuk bersaing dengan sekolah favorit lainnya,” kata Edwar.
Politisi PDI Perjuangan ini mengaku akan mengupayakan agar hal serupa, tidak terjadi lagi dalam pelaksanaan PPDB tahun berikutnya. 

Dirinya juga akan berupaya agar ketimpangan seperti ini tidak terulang kembali dengan cara pembagian siswa secara merata.

“Kita harap kedepannya ada pemerataan agar tidak terjadi ketimpangan seperti ini lagi. Kalau dilihat dari kualitas, sekolah ini tidak kalah bagus dengan yang lainnya,” tutur Edwar. (Adv)