Ketua DPRD Lebong Minta OPD Percepat Proses Tender

Carles Ronsen

Ketua DPRD Lebon, Carles Ronsen, Foto: Dok

Interaktif News - Ketua DPRD Lebong minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki kegiatan fisik agar segera mempercepat proses tender dan pelaksanaan kegiatan lainnya.

Mengingat waktu pelaksanaannya terbilang singkat, paling tidak dalam bulan Februari atau Maret telah di lakukan tender, pasalnya proses tender lambat dilakukan. Ia khawatir kegiatan tidak tuntas tepat waktu.

"Mengingat waktu agar pekerjaan fisik secepatnya dilakukan. Karena kalau tidak, bisa terlambat lagi, sehingga pekerjaan tidak selesai," ujar Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, Jumat, (17/02/23) kemaren.

Ia juga  menyebutkan, pada tahun anggaran sebelumnya masih ada beberapa OPD yang kerap memaksakan tender proyek fisik di pertengahan. Terlebih lagi, cuaca yang ekstrim juga mempengaruhi proses pekerjaan.

"Lelang proyek fisik hendaknya disesuaikan dengan kondisi cuaca sehingga tidak mempengaruhi pekerjaan proyek," ucapnya.

Charles optimis minggu ini OPD sudah mulai melakukan proses tender. Apalagi cepat atau lambatnya proses tender, salah satu indikator penyerapan anggaran hingga penuntasan pekerjaan sesuai dengan kontrak.

Carles meminta seluruh tender proyek fisik hendaknya dilakukan pada awal tahun, semester pertama tahun anggaran.  Dia mengatakan, dengan tender yang cepat, maka prosesnya akan lebih baik. Terutama kualitas pekerjaan.

“Saya lihat ini sudah jadi kebiasaan kalau mau melaksanakan buru-buru di semester kedua," tutur dia.

Reporter: Maya Fitria