Gubernur Rohidin Tegaskan Sertifikasi Guru dalam Minggu Ini Dicairkan

Rohidin Mersyah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Foto: Dok

Interaktif News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pastikan sertifikasi guru yang sudah 3 bulan belum cair akan segera dicairkan. Hal itu menyusul adanya pesan whatsapp dari para guru kepada dirinya terkait sertifikasi guru yang belum dicairkan.

Ia menyebut akan segera mengeluarkan kebijakan untuk menggunakàn dana lain dalam pencairan sertifikasi guru apabila dana transfer dari dana pusat untuk pencairan sertifikasi guru belum diterima Kas Daerah. 

"Saya akan meminta sertifikasi guru dicairkan dalam minggu ini, karena sudah ada yang menyampaikan kepada saya kenapa sertifikasi guru belum dicairkan. Kalaupun dana pusat belum cair bisa ditalangi dulu dengan dana yang lain," kata Rohidin, Jumat (17/11/2023).

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Ķebudayaan Provinsi Bengkulu Saidirman menambahkan, transfer dana pusat untuk pencairan sertifikasi guru saat ini sudah diterima sejak tanggal 14 November lalu ke kas Daerah.

Namun demikian, meski dana tersebut sudah diterima tetapi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam proses pencairannya.

"Beliau (Pak Gubernur) dapat WA dari para guru. Bahwa dana TPG ini baru masuk ke kas Daerah tanggal 14 kemarin, hari ini sudah saya tanda tangan ini SPT, SPM-nya, InsyaAllah hari ini keluar SP2D, tadi ada kebijakan pak Gubernur kalau dana itu belum cair harus dicairkan ditalangi dana yang lain dulu," tutup Saidirman.

Editor: Iman Sp Noya