Fakta Hallstatt, Desa Terindah Warisan Dunia UNESCO

Hallstatt

Salah satu sisi penampakan Desa Hallstatt, Austria, Foto: Dok/freepik 

Interaktif News - Hallstatt adalah sebuah desa kecil yang terletak di kawasan Pegunungan Alpen, di negara Austria. Desa ini terletak di tepi Danau Hallstatt dan terkenal dengan keindahan alamnya serta sejarahnya yang kaya. Hallstatt dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Austria.

Desa Hallstatt memiliki keunikan arsitektur dan keindahan alam yang spektakuler. Bangunan-bangunan tradisional dengan gaya arsitektur alpine yang khas menjadikan desa ini sangat menarik. Pemandangan pegunungan yang mengelilingi Danau Hallstatt juga menambah pesona alamnya.

Selain keindahan alamnya, Hallstatt juga memiliki sejarah yang panjang. Desa ini dikenal karena sumber garam alaminya yang telah dieksploitasi sejak zaman kuno. Pada zaman prasejarah, Hallstatt menjadi pusat budaya dan perdagangan penting di wilayah Eropa. Kini, warisan sejarah Hallstatt dapat dilihat dalam museum dan situs arkeologi yang ada di desa ini.

Wisatawan yang datang ke Hallstatt dapat menikmati keindahan alamnya dengan melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan di tepi danau, mendaki gunung, atau mengunjungi air terjun yang indah di sekitar desa. Desa ini juga terkenal dengan kerajinan lokalnya, seperti kerajinan garam dan kerajinan logam.

Hallstatt telah menjadi daya tarik wisata yang sangat populer, terutama bagi wisatawan yang mencari pengalaman alam yang memesona dan nuansa kuno yang unik.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Hallstatt:

Warisan Dunia UNESCO

Pada tahun 1997, kawasan Hallstatt-Dachstein/Salzkammergut diresmikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Hal ini dikarenakan pentingnya sumber daya alam, sejarah, dan kebudayaan yang terkandung di daerah tersebut.

Sejarah Panjang

Hallstatt memiliki sejarah yang panjang, bahkan namanya dijadikan sebagai nama zaman "Hallstatt" dalam periode arkeologi Eropa. Penemuan situs pemakaman Hallstatt pada tahun 1846 memunculkan kesadaran akan periode sejarah ini.

Pertambangan Garam

Desa Hallstatt terkenal karena sumber garam alaminya. Pada zaman kuno, penambangan garam merupakan sumber kekayaan utama desa ini. Proses penambangan garam tersebut masih dapat disaksikan oleh wisatawan saat ini.

Perahu Kerangka

Salah satu objek yang menarik di Hallstatt adalah "perahu kerangka" yang ditemukan pada tahun 1867. Perahu ini berasal dari periode prasejarah dan diperkirakan berusia sekitar 4.000 tahun. Perahu kerangka ini menjadi bukti penting tentang sejarah perahu di wilayah tersebut.

Pemandangan Indah

Hallstatt terletak di tepi Danau Hallstatt yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Pegunungan Alpen yang mengelilingi danau menciptakan lanskap yang spektakuler, menjadikan desa ini sebagai tujuan wisata yang populer.

Museum Hallstatt

Desa ini juga memiliki Museum Hallstatt yang memamerkan penemuan arkeologis dan artefak sejarah. Museum ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang sejarah, kebudayaan, dan kehidupan masyarakat Hallstatt.

Penduduk yang Terbatas

Hallstatt merupakan desa kecil dengan populasi sekitar 800 orang. Meskipun demikian, jumlah wisatawan yang datang setiap tahun jauh melebihi jumlah penduduk lokal. Desa ini memiliki kebijakan ketat terkait pembangunan baru untuk menjaga keaslian dan keindahan desa.

Ritual Pemakaman

Desa ini dikenal dengan tradisi unik yang dilakukan oleh penduduknya. Karena terbatasnya lahan pemakaman di daerah tersebut, setelah beberapa tahun meninggal, tulang-tulang penduduk dipindahkan ke Ossuary Hallstatt yang terletak di bawah gereja desa.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang Hallstatt. Desa ini memiliki gabungan yang unik antara keindahan alam, sejarah yang kaya, dan warisan budaya yang membuatnya menjadi tujuan wisata yang istimewa.

Editor: Irfan Arief