DPRD Dorong Revitalisasi Kembali Koperasi Petani untuk Tingkatkan Kesejahteraan Pertanian

DPRD Provinsi Bengkulu

Interaktif News – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi mendorong para petani guna menghidupkan kembali koperasi tani yang bertujuan untuk menampung dan mengelola hasil pertanian.

Menurut Jonaidi, koperasi tani juga akan menjadi sarana memperkuat kemandirian dan kekompakan antar petani.

“Hidupkan kembali kelompok-kelompok tani dan koperasi petani, jaga kekompakan dan jaga tanah kita karena dengan menjaga tanah kita, kita tidak akan mengalami kesusahan dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup,” kata Jonaidi.

Lebih lanjut Jonaidi menegaskan dirinya akan gerak cepat menghadirkan solusi terhadap setiap permasalahan yang dialami masyarakat, khususnya petani.

“InsyaAllah dengan fungsi budgeting yang saya miliki sebagai anggota DPRD dan berada di komisi yang memang membidangi sektor pertanian, kebijakan anggaran yang digodok nantinya akan berpihak seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat,” ujar Jonaidi.

Pada kesempatan yang sama, Jonaidi juga mengevaluasi kebijakan dan regulasi terkait koperasi petani, dengan tujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin menghambat perkembangan koperasi. Upaya untuk mempermudah proses administratif dan akses ke pembiayaan dianggap sebagai langkah kunci untuk mendukung keberlanjutan koperasi petani.

Sejumlah pihak kata Jonaidi, termasuk Dinas Pertanian dan Badan Pemberdayaan Masyarakat setempat diharapkan segera menggagas rencana strategis bersama untuk merespons tantangan dan peluang dalam menghidupkan kembali koperasi petani.

"Revitalisasi kembali koperasi petani diharapkan bukan hanya sebagai langkah untuk mendukung para petani dalam meningkatkan hasil pertanian, tetapi juga sebagai upaya konkret untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing pertanian di tingkat daerah" kata Jonaidi [Adv]