DKP Bantu Mesin Ketinting untuk Kelompok Nelayan Enggano

nelayan enggano

Kepala DKP Provinsi Bengkulu bersama nelayan Enggano, Kamis, 10 November 2022, Foto: Dok

Interaktif News – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu beri bantuan mesin ketinting untuk 7 kelompok nelayan di Pulau Enggano, Bengkulu Utara. Masing-masing kelompok memperoleh dua unit mesin, Kamis, (10/11/22).

Kepala DKP Provinsi Bengkulu, Syafriandi mengatakan, mesin merupakan pengadaan tahun 2022 yang ditujukan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu. Termasuk nelayan di wilayah Pulau Enggano.

“Mesin ketinting ini sangat dibutuhkan nelayan-nelayan kita. Pengadaan mesin ini usulan dari nelayan sendiri selain itu kami (DKP) juga memiliki data kebutuhan nelayan untuk mendukung hasil tangkapan di laut. Insyallah tahun depan akan kami perbanyak” kata Syafriandi.   

Selain bantuan mesin, DKP juga memberikan bantuan pembiayaan legalitas atau badan hukum bagi kelompok nelayan Enggano. Badan hukum ini diharapkan akan menjadi penunjang bagi nelayan dalam mengakses program-program pemerintah. 

“Badan hukum ini sangat penting agar teman-teman nelayan mudah dalam mengakses bantuan pemerintah. Legalitas ini juga akan menjadi basis data DKP dalam perencanaan program pembangunan bidang kelauatan dan perikanan. Kita ingin seluruh nelayan kita terdata dengan baik, by name by address” kata Syafriandi.

Syafriandi juga menyoroti prospek budidaya kepiting bakau yang mulai ditekuni masyarakat setempat di bawah keterbatasan modal usaha.

“Ini patut didukung agar menjadi salah satu komoditi andalan yang mampu meningkatkan taraf hidup nelayan se-Kecamatan Enggano,” kata dia. 

Editor: Alfridho Ade Permana