Dinkes Bengkulu Selatan Siapkan 723 Dosis Vaksin untuk Pelayan Publik

Siswanto

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Siswanto, Foto: Dok

Interaktif News - Dalam rangka memberantas virus Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan menyiapkan vaksin untuk pejabat palayanan publik dan ASN, Selasa (02/03/2021). Jumlah vaksin tahap pertama mencapai 723 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan, Siswanto membenarkan sesuai intruksi dari Dinkes Provinsi Bengkulu. Pihaknya akan melakukan vaksinasi untuk pejabat publik, Kepolisian, TNI dan para ASN.

“Hari ini pegawai kita ke Bengkulu menjemput vaksinnya, ada sebanyak 723 vaksin untuk tahap pertama ini. Insyaallah besok kita mulai bergerak untuk pemberian vaksin pejabat pelayanan publik dan juga ASN Bengkulu Selatan. Pemberian vaksin kita laksanakan di pusat-pusat pelayan kesehatan”ujar dia.

Untuk informasi, Vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit sebenarnya bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan demikian, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun. 

Reporter: Yon Maryono