Dinas Perikanan Seluma Usulkan Relokasi TPI Desa Ketapang Baru

TPI Desa Ketapang Baru Seluma

Kepala Dinas Perikanan Seluma saat meninjau TP Ketapang Baru, Foto: Dok

Interaktif News - Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Ketapang Baru, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma terancam ambruk lantaran terkikis ombak laut. Pondasi bagian belakang bangunan nampak sudah kopong bahkan bangunan toilet sudah terbawa arus air laut.

Tidak hanya TPI, abarasi pantai juga berdampak kepada tambat labuh mini tepat di depan TPI. Tambatan itu padahal baru dibangun melalui APBD Tahun 2021 lalu senilai Rp 140 Juta.

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Seluma, Zuraini mengatakan, hasil peninjaun di lapangan dan koordinasi dengan BPBD Seluma kondisi TPI Desa Ketapang sudah masuk kategori bencana alam. Pihaknya kata dia, sudah mengusulkan agar kawasan itu direlokasi.

"Semoga usulan dapat diterima oleh pimpinan agar relokasi segera dilakukan," ungkap Zuraini pada Kamis, 27 Juli 2023.

Sementara, Kades Ketapang Baru, Zultan Alhara mengatakan, kejadian abrasi ini sebelumnya telah dilaporkan ke Dinas Perikanan dan BPBD Seluma namun belum ada upaya penanggulangan. Zultan meminta pemerintah segera melakukan upaya pencegahan agar abrasi tidak meluas.

"Saat ini kami masih menunggu respon dari Pemkab Seluma, setidaknya dipasang bronjong di sekitaran TPI agar abrasi tidak meluas hingga kepemukiman warga," ungkap Zultan.

Mewakili aspirasi masyarakat, Zultan juga berharap status kawasan belakang TPI segera diturunkan menjadi Taman Wisata Alam (TWA) agar pengelolaan potensi wisata di kawasan tersebut lebih maksimal. Saat ini kawasan belakang TPI masih berstatus Cagar Alam (CA)

"Tahun lalu tim dari Kementerian LHK sudah meninjaunya namun belum didapat hasilnya. Harapan kami agar pantai ini dapat dikelola menjadi objek wisata nantinya," ucap Zultan.

Reporter: Deni Aliansyah Putra