Desa Muara Pulutan Raih Juara Umum Lomba Tari Andun

1

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi memberikan selamat kepada pasangan Juara umum Lomba Tari Andun. Foto/Dok: Junaidi Hamid

Interaktif News - Dalam rangka memperingati hari jadi Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan ke 28 tahun 2019. Kecamatan Seginim menggelar pagelaran seni budaya lomba tari andun di lapangan bola, ibu kota Kecamatan Seginim yaitu Kelurahan Pasar Baru /Palak Padang , Sabtu (26/10).

Lomba ini, diikuti mulai dari anak-anak, pelajar hingga tingkat dewasa dan orang tua. dan dihadiri langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi beserta staf, Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Anggota DPRD Dapil 3 Bengkulu Selatan, Gubernur Bengkulu yang diwakili Budiman Ismaun, Polsek Seginim, Babinsa, Asisten III Setda pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Pelajar, Kepala OPD, Kepala Desa serta perangkat Desa, Ibu-ibu PKK, Majelis Taklim serta tamu undangan lainnya.

Acara yang digelar sejak Jumat  malam (25/10) hingga pada puncaknya Sabtu siang (26/10) berlangsung meriah. itu semua berkat kerjasama antara pihak kecamatan dan kepala desa serta perangkat desa dan tokoh masyarakat serta pemuda pemudi se Kecamatan Seginim.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengapresiasi Camat Seginim, Mardalena. Sebab belum lama dilantik ia sudah melakukan kegiatan yang sangat penting tersebut. Pada dasarnya Bupati menyampaikan pentingnya mengingat kembali adat dan budaya kita serawai tentang tari adat yang sudah sedikit tergeser dengan budaya asing yang mempengaruhi generasi muda saat ini.

" Saya mengajak generasi muda, Khususnya di Bengkulu Selatan untuk melestarikan budaya bangsa, mengingat kembali adat dan budaya kita serawai serta melestarikan tari andun," sampai Bupati.

Camat Seginim, Mardalena mengucapkan rasa bangga dan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat atas sukses terselenggaranya acara ini. dan tidak lupa Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Bupati Bengkulu Selatan  Gusnan Mulyadi yang memberikan si kuning atau sapi bali satu ekor untuk gulai jamuan pada acara ini.

Baca Juga: Bupati Gusnan Ajak Generasi Muda Melestarikan Budaya Bangsa

“Saya ucapakan, terimakasih atas dukungan dan partisipasi dari masyarakat, dan berkat kerjasama semua pihak, acara ini bisa berlangsung sukses dan meriah. Kepada Pak Bupati saya juga mengucapkan terimakasih atas bantuan 1 ekor sapinya demi untuk menyukseskan acara hari jadi Kecamatan Seginim ini,” ujar Mardalena.

Kepala Desa Muara Pulutan Gunlisdi mengatakan, bahwa ia merasa bangga bahwa desa muara pulutan telah menorehkan sejarah baru. Dalam lomba tari adat itu, warganya dapat meraih piala bergilir dari Bupati.

“Memang tidak sia-sia kita mengadakan latihan selama satu minggu lamanya, usaha yang gigih tidak mungkin akan menghianati hasil serta terimakasih kepada segenap lapisan masyarakat desa yang tela sempat melatih dan pada hari ini saya cukup bangga, bahwa muara pulutan telah menurihkan sejarah baru, namun kita tidak bisa berhenti sampai disini. Yang paling penting kita lebih mengiatkan lagi seni budaya ini untuk ditularkan sampai kepada anak cucu kita dimasa mendatang, terakir mari kita pertahankan piala bergilir ini,” ujar Gunlisdi.

Ada yang menarik pada rangkaian peringatan HUT ke-28 Kecamatan Seginim tahun 2019 ini. Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi diberi piagam penghargaan sebagai bapak irigasi yang di nobatkan oleh seluruh masyarakat seginim. Penghargaan tersebut serahkan yang di wakili oleh Noprizal Ketua APDESI kecamatan seginim. 

Untuk diketahui, dalam lomba tersebut pemenang juara di kategori umum dan tingkat orang tua dimenangkan oleh Wamar yang berpasangan dengan Yanti warga desa muara pulutan. riuh tepuk tangan dan sorak penonton membuat pasangan ini menari lebih semangat, lemah gemulai mengikuti suara kulintang dan rabana.

Reporter: Junaidi Hamid
Editor: Iman SP Noya